nusabali

Buleleng Sabet Juara 3 Lomba Hadang Putra dan Putri Jantra Tradisi

  • www.nusabali.com-buleleng-sabet-juara-3-lomba-hadang-putra-dan-putri-jantra-tradisi

SINGARAJA, NusaBali - Perjuangan gigih dari perwakilan anak-anak Kabupaten Buleleng dalam mengikuti Pacentokan (Lomba) Olahraga Tradisional Jantra Tradisi Bali IV Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 berbuah manis.

Mereka meraih Juara 3 pada cabang Lomba Hadang Putra dan Putri yang berlangsung selama dua hari sejak Jumat (28/6) dan Sabtu (29/6) di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung Kota Denpasar.

Dalam kegiatan Jantra Tradisi tersebut juga terdapat permainan lain yaitu Terompah Putri dan Deduplak Putra yang diwakili oleh siswa siswi dari SMP Negeri 1 Sawan, Kecamatan Sawan.

Pembina tim Olahraga Tradisional Kabupaten Buleleng, Putu Budiarta Mandala menjelaskan bahwa proses latihan untuk semua olahraga tradisional ini dimulai dari bulan lalu. Menurutnya, tantangan yang dihadapi pun beragam, mulai dari pemilihan peserta yang sesuai dengan kriteria dan melatih kemampuannya dari awal karena ada beberapa cabang olahraga baru yang diikuti Buleleng seperti Deduplak.

“Karena Buleleng baru mengikuti cabor tersebut agak kesusahan di sana, namun kami tetap terus mencoba dan menambah pengalaman di sini,” kata dia, Minggu (30/6)

Ia menambahkan, proses latihan khusus seminggu dua kali dengan mengambil tempat di Pantai Giri Emas, Kecamatan Sawan. Anak-anak berlatih ketahanan dan kelincahan di pasir sehingga bisa siap di medan lapangan seperti saat bertanding.

“Semoga pelatihan sejak dini atau mencari bibit dalam olahraga tradisional seperti ini bisa diaplikasikan di berbagai sekolah di Buleleng dan jika bisa sejak Sekolah Dasar sudah dilatih melalui ekstrakurikuler sehingga bisa siap pada waktu yang di butuhkan,” harap dia. 7 mzk

Komentar