nusabali

Mathew Baker Siap Bawa Indonesia Hajar Australia

  • www.nusabali.com-mathew-baker-siap-bawa-indonesia-hajar-australia

SOLO, NusaBali - Mathew Baker akan merasakan laga emosional di semifinal Piala AFF U-16 2024. Sebab, pemain serba bisa itu akan berjumpa negara tempat dirinya lahir, yakni Australia.

Ya, Indonesia dipastikan berjumpa Australia dalam laga semifinal Piala AFF U-16, di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7) malam, pukul 20.30 Wita. Garuda Muda dan Socceroos muda sukses ke fase gugur dengan status yang sama sebagai juara grup.

Mathew Baker yang lahir di Australia, mengakui kubu lawannya ini punya kemampuan mumpuni. Menurutnya, para pemain lawan memiliki kualitas individu yang baik. Dari apa sudah dilihat, kata Baker, mereka juga bermain dengan baik sebagai tim.

"Namun, tentu saja ada banyak perbedaan saat semifinal nanti. Mereka bakal memiliki motivasi yang tinggi untuk semifinal karena laga ini akan dihadiri lebih banyak suporter,” kata Mathew Baker.

Pemain kelahiran 13 Mei 2009 itu tak sedikit pun merasa gentar dengan kekuatan Australia. Pasalnya, dia merasa Timnas U-16 memiliki satu keunggulan sekaligus keuntungan yang tak dimiliki Australia, yakni  dukungan supporter dan berlaga di kandang sendiri. 

"Jadi, saya pikir ketika mereka datang ke stadion ini, mereka akan sedikit terkejut dengan atmosfer suporternya," kata Baker.

Sementara itu, pelatih Timnas U-16, Nova Arianto menegaskan targetnya di Piala AFF U-16 2024 bukan juara, tapi pengembangan pemain dan peningkatan permainan.

"Dari awal saya sudah bicara, jadi fokus kami sebenarnya target kami bukan juara menjadi, target kami kesekian lah," ujar Nova.

“Selalu saya sampaikan kepada pemain kita akan fokus di setiap match dan bersukur kita akhirnya bisa ke semifinal," kata Nova Arianto. 

Timnas U-16 adalah juara bertahan Piala AFF U-16 pada 2023. Garuda Muda keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Vietnam. Kini skuad Garuda Muda sukses mengamankan posisi puncak Grup A dengan koleksi sembilan poin dari tiga pertandingan. Mereka menyikat Singapura (3-0), Filipina (3-0), dan Laos (6-1).

Sedangkan Australia mengunci juara Grup C dengan raihan tujuh poin dari tiga laga. Setelah imbang lawan Thailand (0-0), anak asuh Brad Maloney menang atas Malaysia (2-0) dan Timor Leste (12-0). *

Komentar