nusabali

Singkirkan Belgia, Prancis Lolos ke Babak Perempat Final

  • www.nusabali.com-singkirkan-belgia-prancis-lolos-ke-babak-perempat-final

DUSSELDORF, NusaBali.com - Prancis berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Belgia pada babak 16 besar Euro 2024, Senin (1/7/2024). Kemenangan di Dusseldorf Arena ini diraih berkat tembakan pemain pengganti Randal Kolo Muani yang dibelokkan oleh Jan Vertonghen pada menit ke-85.

Sepanjang pertandingan, Prancis lebih banyak menguasai permainan. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka kesulitan mencetak gol. Baru di penghujung laga, kombinasi apik dari operan-operan yang diakhiri umpan terobosan N'Golo Kante, membuka ruang bagi Kolo Muani untuk melepaskan tembakan yang tak sengaja dibelokkan oleh Vertonghen ke gawang sendiri.

"Kami senang dengan kemenangan ini. Kami terus menekan, banyak melakukan percobaan mencetak gol, namun bola selalu melebar," ujar Kolo Muani usai pertandingan. "Saya beruntung [dengan gol tersebut]. Pelatih meminta saya untuk membawa energi dan kecepatan saya untuk mengancam pertahanan lawan. Saya berusaha membawa kesegaran ke dalam permainan."

Gol ini menjadi penentu kemenangan yang dramatis untuk pertandingan yang sebelumnya berjalan alot. Prancis tampil lebih menekan untuk meraih kemenangan, sedangkan Belgia terlihat bermain aman.

Pertemuan antara dua tim yang menduduki peringkat kedua (Prancis) dan ketiga (Belgia) peringkat FIFA tersebut, diwarnai permainan yang kurang greget. Keduanya lolos ke babak gugur setelah hanya meraih hasil imbang di laga terakhir fase grup, dengan koleksi masing-masing hanya dua gol dari tiga pertandingan.

Belgia terlihat memiliki strategi untuk memperlambat tempo permainan. Kevin De Bruyne pun kerap kali terlihat bermain di depan barisan pertahanan mereka.

Peluang emas pertama di babak pertama didapatkan Prancis pada menit ke-34. Umpan silang melengkung dari Jules Koundé gagal dimaksimalkan sundulan Marcus Thuram yang kemudian terlihat menyesali peluang tersebut.

Selepas turun minum, Aurélien Tchouaméni memaksa kiper Koen Casteels melakukan penyelamatan pertamanya. Kylian Mbappé juga sempat memiliki peluang emas yang gagal dimanfaatkan.

Di sisi lain, serangan balik Belgia yang jarang terjadi berhasil dihentikan oleh tekel brilian Theo Hernández saat Yannick Carrasco hendak melepaskan tembakan. Romelu Lukaku dan De Bruyne kemudian sempat mengancam gawang Mike Maignan, namun kiper Prancis tersebut berhasil melakukan penyelamatan.

Produktivitas Prancis yang buruk berlanjut dengan tembakan William Saliba dan Mbappé yang kembali melebar. Hingga akhirnya, kaki Vertonghen membelokkan bola ke gawangnya sendiri sekaligus memastikan kemenangan Prancis di laga ini.

Komentar