nusabali

Depak Slovakia, Inggris Jumpa Swiss

  • www.nusabali.com-depak-slovakia-inggris-jumpa-swiss

Gareth Southgate mengakui anak asuhnya kesulitan menghadapi Slovakia. Namun, Southgate menegaskan The Three Lions belum siap pulang dari Euro 2024 dan akhirnya memetik kemenangan.

SCHALKE, NusaBali
Inggris nyaris ditendang Slovakia pada 16 besar Euro 2024. Namun, Tim Tiga Singa mampu bangkit dan mendepak Slovakia, sekaligus lolos ke perempatfinal untuk menghadapi Swiss. Pelatih Gareth Southgate pun mengatakan, para penggawanya belum siap untuk pulang.

Ya, Inggris melibas Slovakia 2-1, di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Schalke, yang berakhir Senin (1/7) dinihari WITA. Di laga itu, Inggris sempat dibuat kerepotan Slovakia pada menit-menit awal laga.

Akibatnya, saat laga berjalan 25 menit, The Three Lions kebobolan lebih dulu lewat Ivan Schranz. Tertinggal 0-1, Inggris gencar menyerang dan menyamakan skor menit 90+5 berkat gol salto Jude Bellingham.

Sampai 2x45 menit berakhir, skor 1-1 tetap bertahan, dan duel lanjut ke extra time. Harry Kane jadi pahlawan The Three Lions, dengan gol sundulan menyambut umpan Ivan Toney.  Sampai duel tuntas, Inggris menang 2-1 dan akan jumpa Swiss di delapan besar (perempatfinal). 

Pelatih Inggris Gareth Southgate mengakui anak asuhnya kesulitan menghadapi Slovakia. Namun, Southgate menegaskan The Three Lions belum siap pulang dari Euro 2024 dan akhirnya memetik kemenangan.

"Kami tidak terkejut sama sekali, Slovakia memiliki tim yang bagus dan mereka dilatih dengan baik. Kami tidak mempertahankan beberapa bola-bola panjang dengan baik, dan kami kesulitan melewati tekanan tinggi," jelas Southgate.

"Mereka harus bekerja sangat keras, tetapi kami tahu satu gol akan mengubah segalanya dan saya selalu percaya kami akan mendapatkannya, mungkin tidak selarut yang kami lakukan, tetapi ini adalah malam ketika saya belum siap untuk pulang para pemain merasakan hal yang sama," tegas Southgate.

Berkat kemenangan atas Slovakia, Tim Tiga Singa ke perempatfinal Euro 2024. Mereka akan berjumpa Swiss, yang sukses menyingkirkan Italia. Swiss menang 2-0 atas Gli Azzurri di 16 besar di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (29/6) malam WITA. Duel Inggris vs Swiss akan berlangsung di Merkur Spiel-Arena, Düsseldorf, Sabtu (6/7).

Usai laga, Inggris pun membukukan rekor unik. Hasil kontra Slovakia menjadi yang kedua kalinya dalam sejarah Inggris memenangi laga sistem gugur Piala Eropa yang tidak dimainkan di Stadion Wembley. Pertama terjadi pada Euro 2020, saat Inggris mengalahkan Ukraina 4-0 dalam perempatfinal di Roma, Italia.

Semua kemenangan Inggris lainnya pada fase knockout terjadi di Stadion Wembley. Pertama di Euro 1996 (Inggris jadi tuan rumah), saat tim asuhan Terry Venables mengalahkan Spanyol di Wembley melalui adu penalti di perempatfinal. Kemenangan Inggris di 16 besar dan semifinal Euro 2020 juga terjadi di Wembley. 

Namun Euro 1980, 1988, 1992, dan 2000, Inggris gagal lolos dari penyisihan grup. Pada edisi 2004 dan 2012, Inggris tersingkir di perempatfinal, yang saat itu merupakan babak sistem gugur pertama.

Babak 16 besar diperkenalkan pada Euro 2016 di Prancis, namun Inggris kalah mengejutkan dari Islandia pada ujian sistem gugur pertama.

The Three Lions pernah tidak lolos ke Euro 1972, 1976, 1984, dan 2008. Mereka juga tidak mengikuti Piala Eropa edisi pertama pada 1960. Namun Inggris memenangi perebutan tempat ketiga di Euro 1968, yang  hanya diikuti empat tim dan Inggris kehilangan satu-satunya pertandingan di semifinal. *

Komentar