nusabali

Turki Tanpa Calhanoglu Lawan Austria

  • www.nusabali.com-turki-tanpa-calhanoglu-lawan-austria

LEIPZIG, NusaBali - Gelandang Inter Milan Hakan Calhanoglu dipastikan absen membela Turki saat menghadapi Austria dalam babak 16 besar Euro 2024. Sang playmaker harus menjalani skorsing akibat akumulasi kartu kuning.

Ya, laga Austria vs Turki digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu (3/7) dinihari, pukul 03.00 WITA.

Absennya Calhanoglu sangat disayangkan bintang Turki, Salih Ozcan. Ozcan mengakui jika timnya bakal menghadapi tugas berat melawan Austria tanpa kehadiran gelandang Nerazzurri tersebut.

“Ini akan sulit bagi kami. Namun jika semuanya berjalan sesuai rencana, saya rasa siapa pun yang bermain di tempatnya akan memberikan yang terbaik dan membantu tim meraih kemenangan,” ujar Salih Ozcan.

Selain di Timnas Turki, Calhanoglu juga menjadi pilar di skuad  Inter Milan sejak pindah dari AC Milan pada tahun 2021. Dia secara bertahap menjelma sebagai salah satu deep-lying playmaker terbaik di Eropa di bawah bimbingan Simone Inzaghi.

Austria dan Turki sama-sama menjadi kuda hitam di Euro 2024. Das Team, julukan Austria, menjadi juara Grup C. Padahal, di grup tersebut ada dua negara yang sudah mencicipi gelar Piala Eropa, yakni Belanda dan Prancis. Austria bahkan menggulingkan Oranje 2-3 dalam laga pemungkas fase grup.

Turki juga lolos dari penyisihan yang ketat di Grup F. Meskipun kalah dari Portugal, Calhanoglu dkk mampu memetik kemenangan melawan Rep Ceko dan Georgia. The Crescent-Stars datang ke fase knockout sebagai runner-up Grup F.

Usai tampil impresif di fase grup, Austria akan berupaya melanjutkan tren positifnya di fase knockout. Das Team memiliki pelatih yang terkenal mampu menyepuh tim jadi kelas wahid, Ralf Rangnick. Sang juru taktik boleh saja terlihat gagal bersama Manchester United, tapi kali ini Rangnick berpotensi membawa Austria lolos 8 besar untuk pertama kalinya.

Menghadapi Turki yang juga berstatus kuda hitam di EURO 2024, akan jadi ujian Austria. Meski secara permainan tidak sebaik Das Team, Turki mampu tampil bagis saat menghadapi tim yang sepadan.

Bahkan Turki termasuk luma besar tim dengan jumlah tembakan terbanyak. Dengan 50 percobaan, The Crescent Stars setara dengan Slovakia. Mereka hanya di bawah Spanyol, Jerman, Portugal, dan Denmark. Itupun, dengan catatan Turki baru bermain tiga kali.

Salih Ozcan pun menyebutkan laga melawan Austria akan berbeda. "Duel lawan Austria akan menjadi laga yang sangat sulit di Leipzig. Austria adalah tim yang tangguh dan terorganisasi dengan baik. Hakan Çalhanoğlu dan Samet Akaydin tidak dapat tampil, yang tidak baik bagi kami," kata Ozcan.  *


Perkiraan Pemain
Austria (4-2-3-1): Patrick Pentz; Stefan Posch, Kevin Danso, Philipp Lienhart, Phillipp Mwene; Nicolas Seiwald, Florian Grillitsch; Konrad Laimer, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer; Marko Arnautović. Pelatih: Ralf Rangnick.
Turki (4-2-3-1): Mert Günok; Mert Müldür, Merih Demiral, Abdülkerim Bardakcı, Ferdi Kadıoğlu; Kaan Ayhan, İsmail Yüksek; Arda Güler, Orkun Kökçü, Kenan Yıldız; Barış Alper Yılmaz. Pelatih: Vincenzo Montella.

Lima Laga Terakhir
27/03/24 Austria 6-1 Turki (Friendly)
30/03/16 Austria 1-2 Turki (Friendly)
16/08/12 Austria 2-0 Turki (Friendly)
07/09/11 Austria 0-0 Turki (Kualifi Euro)
30/03/11 Turki 2-0 Austria (Kualifi Euro).

Komentar