nusabali

Jelang Duel Rumania-Belanda, Van Dijk Jadi ‘Bulan-bulanan’

  • www.nusabali.com-jelang-duel-rumania-belanda-van-dijk-jadi-bulan-bulanan

MUNICH, NusaBali - Kapten tim Belanda Virgil van Dijk jadi ‘bulan-bulanan’ kemarahan media dan fans dalam konferensi pers menjelang laga versus Rumania di babak 16 besar Euro 2024. Hal dilakukan karena pelatih Belanda Ronald Koeman tak berani muncul dan memilih bersembunyi.

Ya, Belanda menghadapi Rumania dalam 16 besar di Stadion Allianz Arena, Munich, Selasa (2/7) tengah malam, pukul 24.00 WITA. Perjalanan tim Oranje di fase grup dinilai mengecewakan. Skuad asuhan Koeman hanya finis di posisi ketiga klasemen Grup D dengan 4 poin, di bawah Austria (6) dan Prancis (5). Bahkan usai kekalahan 2-3 dari Austria, para pemain dan pelatih Belanda mendapat kritik keras. 

Walau tetap melawan, Van Dijk tetap jadi korban kemarahan wartawan dan fans dalam konferensi pers. Banyak kritik wartawan, dan bahkan suporter mencaci-maki serta mengkritik cara bermain Belanda. 

Saat ditanya hasil tim di penyisihan grup, Van Dijk menjawab, "Finis di posisi ketiga grup tentu saja sangat buruk. Usai pertandingan melawan Prancis, kami mendapat banyak kritik. Namun, setelah pertandingan yang buruk, tak ada alasan bagi Belanda untuk panik."

Mantan pemain Belanda Rafael van der Vaart bahkan berkomentar gaya bermain membuat tim terlihat buruk dan tidak menghormati fans. Van der Vaart mendesak Koeman meminta maaf dan seluruh pemain juga harus bertanggung jawab.

Mendapat banyak kritik, Koeman tiba-tiba menghilang dalam beberapa hari terakhir. Setiap selesai sesi latihan, pelatih 61 tahun itu menolak menjawab semua pertanyaan media.

Bahkan, saat panitia Euro 2024 menggelar konferensi pers, Koeman menolak hadir dan malah membiarkan asistennya, Bas Ticheler, untuk datang dan menjawab pertanyaan.

Menanggapi pertanyaan wartawan, Ticheler hanya bisa menggelengkan kepalanya dan berkata, "Saya tidak dalam posisi menjawab pertanyaan teknis saat ini. Tanpa Ronald Koeman yang duduk di sini, apa gunanya jawaban apa pun?"

Walau tak bermain bagus di penyisihan grup dan finis di posisi ketiga, pertemuan dengan Rumania dinilai membawa keberuntungan bagi Belanda. Rumania salah satu tim yang mendapat nilai terbawah di babak 16 besar, meski memuncaki Grup E.

Rumania meraih 4 poin, sama dengan Belgia, Slovakia, dan Ukraina, tetapi unggul jumlah mencetak gol. Jika mampu mengalahkan Rumania, Belanda berpeluang melaju jauh karena di jalurnya tidak banyak lawan yang kuat. Yakni, Belanda akan menghadapi pemenang antara Austria dan Turki jika lolos ke perempatfinal. *

Perkiraan Susunan Pemain
Rumania (4-3-3): Nita; Mogos, Dragusin, Burca, Ratiu; R. Marin, S. Marin, Stanciu; Hagi, Dragus, Coman. Pelatih: Edward Iordanescu.
Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Reijnders, Schouten; Frimpong, Simons, Gakpo; Depay. Pelatih: Ronald Koeman

Komentar