nusabali

Adhi Nugroho Mulai Turun Gunung

Golkar Optimis Pilkada Bangli Tidak Ada ‘Kotak Kosong’

  • www.nusabali.com-adhi-nugroho-mulai-turun-gunung

DENPASAR, NusaBali - Ketua DPD II Golkar Bangli, I Gusti Made Winuntara memastikan Pilkada Bangli 2024 tanpa kotak kosong, menyusul kemunculan kandidat anak muda Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto yang akan diusung sebagai Cabup Bangli di Pilkada 2024 melalui Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang dimotori parpol pengusung Capres-Cawapres Prabowo-Gibran yakni Partai  Golkar, Gerindra, Demokrat. KIM kemudian diperkuat Partai NasDem sehingga disebut KIM Plus.

“KIM Plus memastikan akan melanjutkan program dari Pemerintahan Prabowo-Gibran di daerah termasuk Kabupaten Bangli. Kami optimis dan pastikan Kim Plus di Bangli usung calon, tidak ada pertarungan dengan ‘kotak kosong’. Tinggal menunggu keputusan masing-masing induk partai menerbitkan rekomendasi,” ujar Winuntara usai rapat konsolidasi Pilkada Serentak 2024 dengan jajaran DPD I Golkar, di Kantor Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Senin (1/7) siang.

Bacabup Bangli yang mendaftar di Partai Golkar, Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto langsung hadir. Tokoh muda nasional yang juga pembalap ini disebut-sebut akan menandingi incumbent dari PDI Perjuangan, Sang Nyoman Sedana Artha.

Winuntara mengatakan, rapat yang dipimpin Ketua DPD I Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry memperkuat konsolidasi KIM Plus di Pilkada Serentak 2024. “Kita melakukan hal terbaik di Pilkada Bangli 2024. Kita komunikasi, sepakat untuk mengikuti mekanisme proses pencalonan. KIM Plus makin memperkuat internal dengan terus berkomunikasi dan konsolidasi dengan target harus ada kompetisi,” imbuh pentolan SOKSI Bali (ormas pendiri Partai Golkar) ini. 

Sementara Adhi Nugroho mengatakan tidak mau mendahului keputusan Partai Golkar dan KIM Plus. Dirinya sudah siap maju dan siapapun paketnya nanti maka harus berjuang maksimal. “Tetapi kita tidak mau mendahului keputusan koalisi. Siapapun paketnya nanti, kita siap,” ujar Adhi Nugroho.

Adhi Nugroho sekarang terus ‘turun gunung’ sosialisasi ke masyarakat, menyerap masukan dan keinginan rakyat di Kabupaten Bangli. “Kami buka pintu komunikasi dengan masyarakat seluas luasnya. Termasuk apa prioritas ke depan yang harus di garap sebagai calon pemimpin di Bangli,” ujar Adhi Nugroho.

“Untuk generasi muda, saya menyiapkan program gratis untuk pendidikan anak-anak muda kita agar SDM di Bangli makin berkualitas. Selain itu ada program kesehatan dan memajukan perekonomian/ UMKM di Bangli,” pungkas Adhi Nugroho.

Sebelumnya Adhi Nugroho sendiri telah mendaftar di Partai Demokrat dan Partai Golkar sebagai Bacabup di Gumi Sejuk (julukan Kabupaten Bangli,red). Dia langsung menyerahkan formulir pendaftaran ke DPD II Golkar Bangli dan DPC Partai Demokrat Kabupaten Bangli, Selasa (7/5) lalu. Adhi Nugroho  saat ini memegang posisi sebagai Kepala Biro Pertahanan, Analisis Pertahanan dan Lingkungan Strategis DPP Partai Demokrat. Di luar dunia politik Adhi Nugroho menekuni balap mobil profesional sejak 2018 silam. Pada tahun 2022 dia bergabung sebagai pembalap pro di tim balap BMW Team Astra dan sampai sekarang menjadi Brand Ambassador dari BMW ASTRA. 

Seperti diketahui pada Pileg 2024 ini, Golkar hanya berhasil meraih 5 kursi (16,67 persen) dari total 30 kursi DPRD Bangli. Peraih kursi di DPRD Bangli sendiri didominasi oleh PDIP, yakni 20 kursi (66,67%). Sementara partai lainnya Demokrat meraih 2 kursi (6,67%), NasDem meraih 2 kursi (6,67%) dan Gerindra memperoleh 1 kursi (3,33%).  

Dengan hasil Pileg ini, hanya PDIP yang sudah mengantongi tiket untuk mengusung calon secara mandiri di Pilkada 27 November 2024 mendatang. Sementara parpol lainnya harus membangun koalisi untuk bisa mengusung pasangan calon. Untuk DPRD Bangli yang memiliki jumlah total 30 kursi, parpol minimal harus mengamankan 6 kursi DPRD atau 20,00 persen untuk bisa mengusung calon secara mandiri.n nat

Komentar