nusabali

Senderan Irigasi Subak Selisihan Jebol

  • www.nusabali.com-senderan-irigasi-subak-selisihan-jebol

SEMARAPURA, NusaBali - Hujan deras menyebabkan air meluap hingga senderan irigasi di Uma Dangkan, Subak Selisihan Kawan, Desa Selisihan, Kecamatan Klungkung jebol, Selasa (2/7).

Akibatnya material senderan berupa bebatuan dan pasir meluber ke lahan petani yang saat ini ditanami bunga pacah. Imbasnya, petani mengalami kerugian panen sekitar Rp 1 juta. Material senderan irigasi termasuk pasir dan batu juga menutup sepetak sawah.

Perbekel Desa Selisihan, I Nengah Sucitra, mengatakan senderan irigasi diketahui sudah jebol pada Selasa pagi. Warga pun langsung melaporkan ke perangkat desa dan dari desa melaporkan ke BPBD Klungkung. "Kami sudah laporkan kerusakan senderan tersebut," ujar Sucitra.

Material senderan berupa bebatuan dan pasir juga masuk ke lahan pertanian. "Perlu tenaga ektra untuk pemulihan agar bisa difungsikan kembali," ujarnya.

Menurut Sucitra, tanggul sudah jebol pada Selasa dini hari ketika itu curah hujan tinggi. Akibatnya air irigasi meluap hingga menyebabkan tanggul jebol. "Kejadiannya dini hari namun diketahui pada pagi harinya," kata Sucitra. 7 wan

Komentar