nusabali

Disdikpora Pantau Pasraman SD di Bunutin

  • www.nusabali.com-disdikpora-pantau-pasraman-sd-di-bunutin

BANGLI, NusaBali - Sejumlah sekolah di Bangli menggelar kegiatan pasraman untuk mengisi waktu libur sekolah. Seperti dilaksanakan SDN 3 Bunutin, Kecamatan Bangli, Selasa (2/7). Kegiatan pasraman ini dipantau Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli Komang Pariarta.

Disela-sela kegiatan, Pariata mengatakan pelaksanaan pasraman berbeda-beda sesuai jadwal sekolah. "Ini kegiatan rutin, dan berjalan dari tahun ke tahun. Sekolah menekankan pendidikan karakter," jelasnya. 

Kata dia, kegiatan pasraman bagian dari pendidikan karakter. Melalui pasraman siswa bisa lebih memahami kerangka dasar agama Hindu yakni Tattwa, Etika dan Upacara."Dalam pasraman ini, siswa diajarkan mempersiapkan sarana upacara, seperti membuat tipat hingga sarana untuk macaru," ungkapnya.

Kepala Dinas asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, ini berharap pendidikan karakter melalui pasraman dapat dilaksanakan setiap tahun dan meningkat. "Sejak usia dini sudah diajarkan bagaimana persiapan untuk pelaksanaan upacara," ujarnya.

Kepala SDN 3 Bunutin I Nyoman Rapia mengatakan kegiatan pasraman sebagai bagian pendidikan karakter. Selain itu sebagai latihan atau persiapan bagi siswa tatkala ngayah ke pura atau membantu orang yang melaksanakan upacara di lingkungannya. "Siswa diajarkan membuat canang, tipat, klatkat, kisa. Kegiatan ini diikuti siswa kelas III hingga kelas IV dan ini kami laksanakan selama tiga hari," sebutnya.7esa

Komentar