nusabali

Anggota Forum Maritim Bali Dikukuhkan

Diharapkan Jadi Mitra Majukan Sektor Kelautan dan Perikanan

  • www.nusabali.com-anggota-forum-maritim-bali-dikukuhkan

MANGUPURA, NusaBali.com - Setelah berhasil dibentuk tahun 2024, Anggota Forum Maritim Bali resmi dikukuhkan dan dilantik pada Selasa (2/7) di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Acara juga dirangkaikan dengan Pemilihan Kids dan Duta Maritim yang nantinya memberi wawasan kepada generasi muda tentang merawat laut. Keberadaan Forum Maritim Bali ini diharapkan bisa menjadi mitra kolaborasi pemerintah dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan.

Ketua Forum Maritim Bali, Ketut Adil Darme Yase Amd Pi mengungkapkan, keberadaan Forum Maritim Bali ini dibangun dibangun dari seluruh pelaku sektor perikanan, ditambah dengan akademisi, pemerintah, serta UPT lingkup Kementerian KKP di Bali. Mengingat forum ini baru terbentuk, pihaknya mengaku akan berfokus pada mewadahi seluruh pelaku perikanan yang ada untuk diajak bersama-sama membangun Bali dari sektor perikanan. Terlebih masih ada PR besar di Bali seperti bagaimana meningkatkan tingkat konsumsi ikan domestik di Bali yang masih rendah yaitu 49 kg/tahun dari idealnya 72kg/tahun. PR lainnya juga tentang persoalan laut dan sungai yang sering kotor oleh sampah.

“Kebetulan 90 persen anggota kami adalah pelaku usaha. Karena forum ini baru berusia 4 bulan, kami masih dalam tahap mengidentifikasi seberapa besar potensi sektor perikanan ini bisa berdistribusi terhadap ekonomi Bali. Sehingga nanti kami bisa membangun sebuah sinergitas yang baik antara budidaya dengan pemasaran,” ujarnya.

Sedangkan terkait Pemilihan Kids dan Duta Maritim, kata Ketut Adil, merupakan program yang dibuat untuk mewujudkan misi mengajak anak-anak usia dini dan remaja untuk bangga serta ikut berkontribusi dalam menjaga laut. Kegiatan ini diikuti sekitar 60 peserta yang berasal dari sekolah-sekolah agency di Bali. Melalui pemilihan ini, diharapkan bisa menambah wawasan anak-anak dan remaja tentang laut sebagai salah satu sumber kekayaan bangsa Indonesia.

“Forum Maritim Bali juga telah membuat sebuah karya film pendek pada tanggal 17 Juni 2024 yang dibuat untuk membangun sebuah kesadaran kolektif mulai dari hulu, mulai dari anak anak kita bahwa warisan sumberdaya alam ini hrus di aga mulai sejak dini,” terang Ketut Adil.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Bali Ir Putu Sumardiana MP menyambut baik terbentuknya Forum Maritim Bali. Lahirnya forum ini diharapkan bisa menjadi salah satu mitra pemerintah untuk bisa  berkolaborasi. Karena bagaimanapun juga pembangunan keluatan di Bali tidak serta merta hanya dikerjakan oleh pemerintah, tapi juga partisipasi oleh masyarakat. 

“Melalui forum ini kami harapkan bisa berkolaborasi dan menjembatani program pemerintah. Forum ini kan terdiri dari komponen masyarakat, ada nelayan, ada budidaya, dan pelaku usaha lainnya. Kalau semua bersinergi tentunya akan memudahkan usahanya. Kemudian dari sisi regulasi dan kebijakan-kebijakan, bisa dikerjakan secara bersama,” sebutnya.ind

Komentar