nusabali

Tercepat di Badung, Desa Kekeran Mengwi Rampung Coklit

  • www.nusabali.com-tercepat-di-badung-desa-kekeran-mengwi-rampung-coklit

MANGUPURA, NusaBali.com - Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi, Badung menjadi desa tercepat yang merampungkan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2024.

KPU Kabupaten Badung menjelaskan, keseluruhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Kekeran telah dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) terakhir, Minggu (30/6/2024) lalu.

"Hingga saat ini Desa Kekeran, Mengwi, Badung yang sudah coklit mencapai 100 persen," ungkap Anggota KPU Badung Ni Putu Rulyana Kusuma Wardani kepada NusaBali.com, Rabu (3/7/2024).

Desa Kekeran sendiri memiliki 3.166 Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Sejumlah DP4 ini tersebar di enam TPS dan dicoklit oleh 12 Pantarlih, dua petugas di setiap TPS lantaran kapasitasnya di atas 400 pemilih per TPS.

Ruly yang juga Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Badung menekankan, efektivitas kinerja Pantarlih di Desa Kekeran sangat baik. Selain itu, sejak dilantik 24 Juni lalu, mereka langsung bekerja di hari yang sama dan tetap konsisten hingga hari Minggu lalu.

"Mereka langsung bekerja sejak dilantik dan kinerjanya kosisten," beber Ruly.

Sementara itu, secara keseluruhan terdapat 759 TPS yang tersebar di 62 desa/kelurahan dan enam kecamatan di Kabupaten Badung. Sebanyak 1.509 Pantarlih dikerahkan untuk memutakhirkan data pemilih jelang Pilkada 2024, 27 November nanti.

Adapun total DP4 di Badung adalah sebanyak 412.050 yang tersebar dari dataran tinggi Pelaga, Kecamatan Petang hingga ke pesisir Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.

Dari 759 TPS di Badung, hanya sembilan TPS yang kapasitasnya di bawah 400 pemilih. Delapan dari sembilan TPS ini terletak di dataran tinggi Kecamatan Petang, di mana kapasitas TPS terpaksa tidak diisi secara maksimal lantaran kondisi wilayah berbukit dan kecepatan akses menuju lokasi TPS. *rat

Komentar