nusabali

Gunduli Vietnam 5-0, Timnas U-16 Juara III Piala AFF 2024

  • www.nusabali.com-gunduli-vietnam-5-0-timnas-u-16-juara-iii-piala-aff-2024

SURAKARTA, NusaBali.com - Tim Nasional Indonesia U-16 berhasil meraih peringkat ketiga Piala AFF U-16 atau ASEAN Boys Championship U-16 2024 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor telak 5-0 di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu (3/7/2024).

Pertandingan yang penuh semangat ini menjadi momen kebangkitan bagi Garuda Muda setelah kekalahan 3-5 di babak semifinal dari Australia. Dalam laga ini kapten tetap dipercayakan kepada Putu Panji Apriawan. Putra Bali lainnya, Ida Bagus Putu Cahya Pramana juga mendapat kesempatan dalam starting line up.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, tim asuhan Coach Nova Arianto langsung tancap gas untuk menggebrak pertahanan Vietnam.

Usaha gigih para pemain Indonesia membuahkan hasil di menit ke-44. Zahaby Gholy memecah kebuntuan dengan gol indahnya, membawa Indonesia unggul 1-0. Keunggulan ini semakin diperkuat jelang turun minum melalui gol Dafa Zaidan di menit ke-45+3.

Memasuki babak kedua, Garuda Muda semakin tak terbendung. Gol demi gol tercipta melalui kaki Zahaby Gholy (77'), Daniel Alfredo (74', 82'), membawa Indonesia unggul telak 5-0.

Meski meraih peringkat ketiga, Coach Nova Arianto mengingatkan para pemainnya untuk tidak cepat berpuas diri. Ia menekankan bahwa ini adalah langkah awal bagi mereka untuk menjadi pemain timnas senior di masa depan.

"Saya berpesan agar euforia tidak perlu berlebihan. Mereka ini ke depannya pemain timnas senior, jangan sampai cepat berpuas diri atas hasil ini," ujar Coach Nova.

Sementara itu, Zahaby Gholy, pencetak dua gol di laga ini, mengungkapkan rasa syukur atas raihan peringkat ketiga. Ia juga berharap tim bisa meraih hasil yang lebih baik di turnamen berikutnya.

"Alhamdulillah saya bisa mencetak dua gol, saya juga minta maaf belum bisa juara, namun bersyukur dapat peringkat tiga. Semoga di Piala AFC kita bisa juara," kata Zahaby.

Pencapaian ini menjadi bukti kegigihan dan kerja keras timnas U-16. Mari kita terus dukung Garuda Muda untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan!

Komentar