nusabali

KPU Badung Ajak Peserta Pemilu Cermat Gunakan Baliho

  • www.nusabali.com-kpu-badung-ajak-peserta-pemilu-cermat-gunakan-baliho

MANGUPURA, NusaBali - Belakangan ini baliho mulai bertebaran di ruas-ruas jalan di Kabupaten Badung, meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baru digelar 27 November 2024.

Mengenai hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung mengajak para peserta pemilu untuk lebih cermat menggunakan baliho. Pasalnya, saat ini belum memasuki masa kampanye.

Ketua KPU Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, mengatakan Ketua KPU Bali akan membuat kesepakatan dengan partai politik (parpol) mengurangi timbunan sampah plastik dan baliho. Jika kesepakatan ini terwujud, maka hal tersebut yang akan menjadi pedoman dalam pengurangan baliho. “Jadi kami harus menunggu dahulu, bersedia tidak peserta pilkada sesuai dengan visi kami untuk mengurangi sampah plastik,” ujarnya, Rabu (3/7).

Pria asal Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan ini tak memungkiri jika saat ini telah banyak terpasang baliho. Yusa Arsana berharap, sedapat mungkin para parpol menggunakan media lain tanpa pemasangan baliho agar dapat mengurangi timbunan sampah pasca Pilkada 2024.

“Kalau sekarang memang belum ranah kami karena belum masa kampanye. Kalau sekarang dibebaskan tetapi nanti dilarang, justru akan menjadi aneh juga,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku bakal mengajak parpol dan para pasangan calon untuk membicarakan hal tersebut dengan bijak. Menurutnya, ada berbagai cara untuk mengurangi penggunaan baliho, seperti menggunakan megatron dan memanfaatkan media sosial (medsos). “Mudah-mudahan teman-teman yang diusung sebagai pasangan calon bersedia,” harapnya. 7 ind

Komentar