nusabali

Keputusan Penambahan Rombel Tunggu Pendaftaran Ulang Terakhir

  • www.nusabali.com-keputusan-penambahan-rombel-tunggu-pendaftaran-ulang-terakhir

SINGARAJA, NusaBali - Peluang penambahan rombongan belajar (rombel) sebagai solusi sekolah-sekolah overload peserta didik baru, masih dikaji mendetail oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng.

Keputusan akan diambil setelah proses pendaftaran ulang di SD selesai dilakukan pada Jumat (12/7) mendatang.
 
Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika, menyebut ada sejumlah sekolah yang sementara ini menerima jumlah pelamar peserta didik baru melebihi kapasitas sekolah. Seperti SDN 1 Panji, SDN 3 Sambangan dan sejumlah sekolah di wilayah Kota Singaraja. Masing-masing siswa yang tidak diterima dan masuk di daftar cadangan akan dilihat persebarannya hingga batas waktu terakhir daftar ulang.
 
“Kami akan lihat dulu sampai batas akhir pendaftaran ulang. Karena seperti tahun lalu tidak sedikit kita jumpai mendaftar lebih di satu tempat. Karena pendaftaran SD manual, kalau aplikasi kita langsung tahu pendaftar doble atau lebih dari satu sekolah,” terang Astika.
 
Disdikpora juga akan menyusun kajian mendetail solusi yang akan diambil. Menurutnya jika opsi optimalisasi, jumlah siswa dalam satu rombel 28 orang masih bisa dimaksimalkan hingga 32 orang. Namun jika jumlah siswa yang tidak diterima mencapai 20 orang, maka kemungkinan satu-satunya solusi dengan penambahan rombel.
 
Hanya saja untuk menambah rombel, perlu kajian menyeluruh. Disdikpora Buleleng akan menyandingkan data jumlah siswa selama lima tahun terakhir untuk mengetahui trend di sekolah yang bersangkutan. Jumlah siswa di sekolah yang masih satu zona juga ikut menjadi acuan pengkajian.
 
Hal lain yang paling mendasar, soal ketersediaan lahan untuk menambah ruang kelas dan sarana penunjang. Termasuk penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik yang juga perlu diperhitungkan.
 
“Kalau penambahan rombel tidak hanya diperhitungkan tahun ini saja, tetapi juga tahun-tahun selanjutnya. Kalau tambah rombel tahun ini kedepannya perlu 6 ruang kelas tambahan, nah ini lahan sekolah apakah memungkinkan. Kalau dilakukan (ditambah) harus lihat lahan, sekolah mana yang bisa dikembangkan, ” terang Astika.7 k23

Komentar