nusabali

Korsleting, Rumah Rp 1M Ludes

  • www.nusabali.com-korsleting-rumah-rp-1m-ludes

Dugaan sementara api berasal dari korsleting pompa air di lantai II rumah.

DENPASAR, NusaBali 
Kebakaran hebat melanda sebuah rumah lantai dua di Jalan Halmahera No. 47 A, Desa Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, pada Selasa (2/7) sekitar pukul 19.00 Wita. Dugaan sementara api berasal dari korsleting arus listrik pada pompa air. Kerugian material yang diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Menurut keterangan pemilik sekaligus korban, Romie Ganter, 47, insiden bermula ketika ia menyadari bahwa air PDAM di rumahnya mati. Saat memeriksa mesin pompa air di lantai dua, ia menemukan mesin tersebut mengeluarkan asap dan melihat percikan api di plafon sampingnya. Upaya awal Romie untuk memadamkan api dengan air galon gagal dan api justru semakin membesar.

"Romie segera turun untuk meminta bantuan dari masyarakat sekitar, namun api sudah terlalu besar untuk dikendalikan," ujar Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi dikonfirmasi (3/7). Sementara itu, saksi mata I Ketut Yoga Widiyasa Arienata, 20, yang tinggal di rumah sebelah, segera mengevakuasi sepeda motor dan barang-barang dari rumahnya setelah diperingatkan oleh tetangga tentang adanya korsleting listrik. Yoga menyaksikan api semakin membesar dan terdengar suara ledakan sebelum petugas pemadam kebakaran tiba.

Tak berselang lama, empat unit mobil pemadam kebakaran Kota Denpasar dari pos Pos Induk BW 26, Pos Juanda BW 24, Pos Marhen BW 09, dan Pos Cokro BW 10, dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 Wita setelah menghabiskan 18.000 liter air.

AKP Sukadi, menyatakan bahwa dugaan sementara sumber api berasal dari korsleting arus listrik pada pompa air. "Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian ini. Kami sudah memasang garis polisi dan menghubungi Petugas Inafis Polresta Denpasar untuk melakukan olah TKP," imbuhnya.

Adapun luas bangunan pada area itu adalah 1,5 are dengan luas bangunan yang terbakar adalah sekitar 1 are. Atas musibah tersebut korban mengalami kerugian kurang lebih Rp 1 miliar. Selain itu empat orang penghuni rumah berhasil selamat dan saat ini beristirahat di rumah tetangga terdekat. 

Korban untuk saat ini mendapatkan bantuan berupa makan, minum, sandang, alas tidur, dan selimut yang telah diatensi oleh pihak terkait. Beruntung, musibah kebakaran ini tidak menimbulkan dampak lainnya di sekitar tempat kejadian perkara. 7 cr79, pol

Komentar