nusabali

Pentaskan Seni Fragmentari Wiweka Ala

Paguyuban Seniman Muda Jembrana di PKB ke-46

  • www.nusabali.com-pentaskan-seni-fragmentari-wiweka-ala

NEGARA, NusaBali - Paguyuban Seniman Muda (PSM) Jembrana berhasil memukau ribuan penonton dengan penampilan mereka pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46. Bertempat di panggung terbuka Ardha Candra Art Center Bali, Denpasar, Rabu (3/7) malam, PSM Jembrana menampilkan Fragmentari Wiweka Ala yang sarat makna dan energik.

Penampilan PSM Jembrana yang menjadi Duta Gong Kebyar Dewasa Gumi Makepung, ini dibuka dengan Tabuh Kreasi Pepanggulan Sikut Oton yang memiliki makna berputar mengikuti alur sesuai perhitungan hari. Tabuh ini menghadirkan melodi yang unik dan ritmis, mencerminkan perputaran siklus kehidupan manusia.

Selanjutnya, PSM Jembrana membawakan Tabuh Kreasi Kekebyaran Ceburan Mesehe. Tabuh ini terinspirasi dari keindahan Air Terjun Mesehe di Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, yang dipercaya sebagai tempat mistis karena keberadaannya yang cenderung maya (kadang tampak dan tidak tampak). Gerak tari dan musik yang energik dan dinamis menggambarkan pesona air terjun tersebut.


Puncak penampilan PSM Jembrana adalah Fragmentari Wiweka Ala dengan menggambarkan kisah tentang Pan Balang Tamak. Cerita ini dikemas dengan apik dalam bentuk tari dan musik yang penuh ekspresi, menggambarkan kelicikan Pan Balang Tamak sehingga menjadi bulan-bulanan masyarakat yang tidak suka dengan kelicikannya. 

Namun berkat kecerdasan dan kemampuan dalam menyusun siasat, Pan Balang Tamak mampu mengalahkan warga dalam segala hal kegiatan dan terhindar dari segala bentuk denda ataupun iuran. Bahkan hingga ajalnya, Pan Balang Tamak masih bisa mengelabui warga yang mengakibatkan sang raja turut menemui ajal.

Penampilan PSM Jembrana ini mendapat apresiasi meriah dari para penonton. Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) turut hadir menyaksikan penampilan itu, mengaku bangga atas penampilan PSM Jembrana. "Saya mengapresiasi penampilan Paguyuban Seniman Muda (PSM) Jembrana. Semoga di tahun depan bisa menampilkan gong kebyar yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara mengatakan, Kabupaten Jembrana mengirim duta gong kebyar dewasa dari PSM Jembrana yang bermarkas di Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo. Menurutnya, PSM Jembrana itu merupakan perhimpunan seniman-seniman muda dari 5 Kecamatan di Kabupaten Jembrana yang bergerak dalam bidang seni pertunjukan untuk melestarikan Seni Budaya Bali. 

"Persiapan sudah dilakukan latihan selama tiga bulan lebih. Kami sangat mengapresiasi duta Jembrana tampil hebat dan layak tampil di PKB tahun 2024 ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja sama sehingga pementasan ini dapat berjalan baik dan sukses," ujar Sapta Negara.7ode

Komentar