nusabali

Pramuka Karangasem Siap Hadapi Bali Scout Competition di Denpasar

  • www.nusabali.com-pramuka-karangasem-siap-hadapi-bali-scout-competition-di-denpasar

AMLAPURA, NusaBali - Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Karangasem digelar di Aula SMPN 5 Amlapura, Jalan Cempaka, Amlapura, Kamis (4/7). Hasilnya, siap hadapi penyelenggaraan BSC (Bali Scout Competition) di Denpasar Juli – Agustus 2024. Rapat juga berhasil membentuk LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) dan SPI (Satuan Pengawas Internal).

Semua program tersebut merupakan usulan dari Kwartir Ranting se-Karangasem, sesuai AD-ART. Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika memaparkan, secara teknis tidak ada kendala selama Rakercab Gerakan Pramuka Karangasem. "Tinggal melakukan sinkronisasi program saja," jelasnya saat didampingi Ketua Panitia I Wayan Sarya dan Sekretaris I Putu Setia Budi, dalam Rakercab itu.

Kata dia, pentingnya membentuk LPK yang merupakan badan independent. Dengan LPK ini agar lebih optimal dalam pengawasan keuangan Lembaga. Sedangkan SPI bertugas untuk pengawasan internal sesuai amanat AD-ART Gerakan Pramuka.

Di samping itu mengoptimalkan peran Binamuda (pembinaan anggota muda) yang tugasnya merumuskan kebijakan umum Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem, dalam rangka pembinaan dan pengembangan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda.

Lanjut Ida Bagus Putu Suastika, Rakercab juga untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan kinerja dari lembaga Binawasa (pembinaan anggota dewasa) terutama dalam menyusun kepanduan bagi kegiatan anggota dewasa.

Juga mengoptimalkan peran orgakum renlitbang (organisasi hukum, perencanaan penelitian dan pengembangan), termasuk di dalamnya ada kakoma (saka, sako dan gugus darma).

"Selama ini, kesannya Kwartir Cabang Pramuka Karangasem melaksanakan program rutinitas, tetapi di tahun 2024 juga diimbangi dengan mengadakan pengabdian masyarakat (abdimas)," jelasnya.

Di samping mempersiapkan keikusertaan dalam SC tahun 2024. BSC  ini sebagai tolok ukur tentang sejauh mana telah melakukan pembinaan di tingkat Kwartir Cabang Karangasem.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem I Putu Setia Budi telah merangkum semua program kerja, salah satunya persiapan jelang BSC. "Sebelumnya telah melaksanakan KSC (Karangasem Scout Competition), sehingga para pemenang KSC dibina kembali untuk menghadapi BSC," kata Setia Budi.

Kata dia, Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem mengagendakan, jambore cabang, kegiatan pelatihan untuk KMD (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar) dan KML (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan. Pelatihan tersebut dikoordinasikan Kapusdiklatcab (Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang) I Made Agung Ariyasa. 

"Semua agenda yang tersusun itu untuk kegiatan tahun 2024," tambah Setia Budi yang juga Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 6 Abang. Disinggung tentang materi KSC, kata dia, akan disesuaikan dengan yang dilombakan dalam BSC.7k16

Komentar