nusabali

Genjot Rasa Patriotisme dan Kuatkan Ideologi Pancasila

Kesbangpol Bali Gelar Bulan Kebangsaan

  • www.nusabali.com-genjot-rasa-patriotisme-dan-kuatkan-ideologi-pancasila

DENPASAR, NusaBali  - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali akan menyelenggarakan Bulan Kebangsaan sepanjang Agustus mendatang.

Bulan Kebangsaan akan diisi dengan sejumlah kegiatan terkait patriotisme dan nasionalisme. Kegiatan ini menjadi rentetan sukses menyelenggarakan Bulan Bung Karno setiap bulan Juni.

Kepala Badan Kesbangpol Bali I Gusti Ngurah Wiryanata mengatakan pelaksanaan bulan kebangsaan dimulai 1 hingga 31 Agustus 2024.
 
“Kami mendapat tugas untuk menyelenggarakan bulan kebangsaan yang bertujuan menumbuhkembangkan rasa patriotisme dan kebanggaan pada ideologi Pancasila,” ujarnya saat kegiatan Bakti Sosial (Baksos) bersama elemen Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kantor Kesbangpol Bali, Jalan Kapten Tantular, Niti Mandala, Denpasar, Jumat (5/7). 

Ia berharap, seluruh Ormas juga ikut berperan dalam menyukseskan pelaksanaan bulan kebangsaan melalui ragam kegiatan yang berkaitan dengan tujuan tersebut. Dalam kegiatan Baksos Kesbangpol yang sudah memasuki minggu ke-39, peran ormas sebagai donator sangat besar. Mereka membawa barang-barang yang akan didonasikan kepada kelompok sasaran yang dihadirkan pada kegiatan tersebut. Sasaran baksos kali ini adalah para veteran pejuang kemerdekaan, anak yatim piatu, penyandang disabilitas dan mereka yang tengah terbaring sakit.

Selain donasi berupa sembako seperti beras, minyak, mi instan, gula, teh dan kopi, pengurus dan anggota Ormas yang jauh-jauh datang dari Kintamani juga menyumbang sayur hasil kebun mereka. Sumbangan tersebut kemudian dikemas menjadi paket bingkisan yang diserahkan pada kelompok yang menjadi sasaran baksos.

Ngurah Wiryanata menyampaikan rasa syukur karena kegiatan ini mendapat sambutan luar biasa dari Ormas. “Ini adalah kegiatan yang ke-39. Kalau diuangkan, jumlah sumbangan yang disalurkan telah mencapai Rp2 miliar,” ujar birokrat asal Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, ini. a

Komentar