nusabali

Bobol Toko, Garong Kepergok Warga

  • www.nusabali.com-bobol-toko-garong-kepergok-warga

“Korban yang melihat pelaku duduk dia atas plafon tokonya bertanya. Ngapain di atas? Pelaku jawab, benerin kabel pak,"

MANGUPURA, NusaBali
Peristiwa pencurian terjadi di toko milik Sang Putu Purnayasa, 29, yang berada di Pasar Alas Kesuma atau yang akrab dikenal Pasar Puri Gading Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, pada Rabu (3/7) sekitar pukul 14.00 Wita. Pelakunya adalah Lauhim Makhfud, 45. 

Pelaku asal Jombang, Jawa Timur yang tinggal di Jalan Setre Agung Nomor 3X Klan, Tuban, Kuta, Badung ini kepergok korban usai mencuri 17 slop rokok berbagai merk. Pada saat pelaku berambut gondrong itu berada di atas plafon datang pelaku dan melihatnya tengah duduk. 

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi dikonfirmasi, pada Jumat (5/7) mengatakan pencurian itu diketahui korban pada saat mengecek gudang penyimpanan barang dagangannya. Saat masuk gudang korban melihat ada pecahan plafon. Penasaran dengan pecahan plafon itu korban melihat ke atas dan melihat plafon tokonya bolong. 

"Penasaran dengan plafon yang rusak itu korban menyalakan senter HP. Dia (korban) kaget melihat ada seorang laki-laki tak dikenal sedang duduk. Korban tanya, ngapain di atas ? Pelaku jawab, benerin kabel pak," beber AKP Sukadi. 

Mendengar jawaban pria tak dikenal itu, korban kelur toko untuk mencari tahu siapa lelaki itu. Pada saat korban melewati toilet umum pasar melihat puluhan bungkus rokok berserakan. "Korban pun menginformasikan kejadian itu ke grup pasar. Menerima informasi itu sejumlah pedagang di pasar itu berdatangan. Selain itu korban juga lapor ke Polsek Kuta Selatan," lanjut AKP Sukadi. 

Menerima laporan korban, aparat Polsek Kuta Selatan mendatangi lokasi TKP untuk melakukan penyelidikan. Polisi yang datang ke TKP menemukan sandal dan HP pelaku di atas plafon toko korban. Akhirnya pada hari itu juga sekitar pukul 15.00 Wita pelaku berhasil ditangkap polisi bersama warga di sekitar pasar. 

Awalnya pelaku yang kini telah ditetapkan jadi tersangka itu mengelak. Namun setelah polisi menunjukkan sandal dan HP yang tertinggal di atas plafon toko korban akhirnya pelaku menyerah dan mengakui perbuatannya. "Tersangka mengaku berhasil masuk ke dalam toko dengan cara memanjat tembok kamar mandi, lalu menjebol plafon. Adapun barang bukti yang diamankan berupa 17 slop rokok berbagai merk. Tersangkaemhaku mencuri karena masalah ekonomi. Akibat kejadian itu korban menderita kerugian Rp 3,8 juta," pungkasnya. 7 pol

Komentar