nusabali

Orangtua Daftarkan Anak Jelang PPDB Tutup

  • www.nusabali.com-orangtua-daftarkan-anak-jelang-ppdb-tutup

BANGLI, NusaBali - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Bangli masih berlangsung. Orangtua memilih mendaftarkan anak-anak menjelang penutupan PPDB. Untuk tingkat SD, siswa yang mendaftar 7 orang.

Kepala SLB Negeri 1 Bangli I Wayan Mudayana mengatakan pelaksanaan PPDB telah berjalan sesuai dengan rencana. Berdasarkan jadwal, PPDB berlangsung 8 Juni hingga 8 Juli. Sampai saat ini sudah mendaftar 7 orang untuk siswa kelas I SD. Kemudian yang melanjutkan ke jenjang SMP sebanyak 21 orang. Sedangkan dari SMP ke SMA ada 14 orang. 

Diakui, dalam proses pendaftaran, banyak orangtua yang memilih mendaftarkan anaknya di akhir-akhir pendaftaran. Hal ini karena orang tua masih menginginkan anaknya sekolah di sekolah terdekat. Jarak rumah ke sekolah lumayan jauh. "SLB Negeri 1 Bangli ini mencakup semua kecamatan di Bangli. Paling jauh ada dari Desa Dausa, Kecamatan Kintamani. Ada juga yang dari Desa Songan," ungkapnya, Jumat (5/7).

Menurut Wayan Mudayana, sebelum sekolah di SLB ada siswa yang sekolah umum. Karena lambat belajar, siswa dirujuk ke SLB. Berkaca dari tahun sebelumnya, siswa dirujuk di minggu pertama pembelajaran. "Kami mulai pembelajaran 15 Juli, kemungkinan diawal pembelajaran akan ada siswa yang didaftarkan di sini," sebutnya. 

Siswa SD yang terdaftar dengan berbagai kebutuhan seperti tuna grahita, tuna wicara, dan lainnya. Lanjutnya, terkait dengan tenaga pendidik, Wayan Mudayana mengatakan jika SLB tahun ini mendapat tambahan 9 orang guru pendidikan luar biasa (PLB).  Sehingga dengan jumlah guru yang ada sudah sangat memenuhi rasio kebutuhan guru. "Perbandingan jumlah guru dan siswa sudah sangat ideal. Yang mana perbandingan 1:3 sampai 1:8," sebutnya.

Ditambahkan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. "Bagi bapak ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus supaya tidak ragu lagi untuk menyekolahkan anaknya disini. Selain gedung representatif dan juga SDM yang memadai," sambungnya. 7esa

Komentar