nusabali

2 WNA Ditemukan Penyabit Rumput

Tersesat Saat Mendaki Gunung Agung di Sisi Timur

  • www.nusabali.com-2-wna-ditemukan-penyabit-rumput

AMLAPURA, NusaBali - Dua warga negara asing (WNA) asal Inggris Matthew Stoples dan Matthew Foster, sempat tersesat di Gunung Agung bagian timur, sejak Kamis (4/7) pukul 09.00 Wita. Namun akhirnya mereka ditemukan oleh petani penyabit rumput, I Wayan Ada, asal Banjar Yehkori, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Pencari rumput menemukannya, setelah mendengar ada suara berteriak minta tolong dari hutan negara di ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut itu. "Dua wisatawan itu dievakuasi oleh petugas Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem," ujar I Komang Sudirman, Kelian Banjar Yehkori, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, di kediamannya, Jumat (5/7).

Wisatawan itu diperkirakan mendaki melalui jalur Pura Pasar Agung, Desa Adat Sibetan, Banjar Yehkroi, Desa Jungutan,  Kecamatan Bebandem, tanpa pemandu. Sebab dari jalur itu ditemukan dua sepeda motor yang digunakan wisatawan.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana mengatakan, awalnya dari Konsulat Inggris Dinda melaporkan ada dua warga Inggris tersesat di Gunung Agung, Kamis (4/7) pukul 09.00 Wita. Pihak konsulat melaporkan ke Pos Pencarian dan Pertolongan Denpasar dari Pos Pencarian dan Pertolongan Denpasar berkoordinasi dengan Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem. 

Mulai pencarian berbekal laporan warga pukul 16.30 Wita, melibatkan 6 anggota, dibantu Polsek Bebandem sebanyak 4 anggota, staf  Kantor Camat Bebandem sebanyak 4 anggota, perangkat Desa Jungutan sebanyak 2 anggota, pemandu dan warga masyarakat. Tim gabungan ini berhasil mengevakuasi korban pukul 19.00 Wita, dalam keadaan selamat. "Warga yang mendengar ada suara teriakan, sehingga pencarian dilakukan ke sumber suara itu," kata I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana.

Korban diperkirakan tersesat di ketinggian 1.826 meter dari permukaan laut, tetapi ditemukan di ketinggian 1.700 MDPL. Kedua wisatawan itu tinggal di Kelurahan /Kecamatan Ubud, Gianyar. Selanjutnya kedua wisatawan itu diantar ke pengianapannya.7k16

Komentar