nusabali

Inggris Melaju ke Semifinal Euro 2024 Lewat Drama Adu Penalti Lawan Swiss

  • www.nusabali.com-inggris-melaju-ke-semifinal-euro-2024-lewat-drama-adu-penalti-lawan-swiss

DUSSELDORF, NusaBali.com - Inggris berhasil mengamankan tiket ke semifinal Euro 2024 usai menang dramatis melalui adu penalti melawan Swiss di Dusseldorf, Sabtu (6/7/2024) waktu setempat.

Mimpi buruk Timnas Swiss terjadi ketika sepakan penalti Manuel Akanji ditepis oleh Jordan Pickford. Keunggulan ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Trent Alexander-Arnold yang sukses menceploskan bola ke gawang Swiss, memastikan kemenangan Inggris.

Sebelumnya, pertandingan berjalan alot dengan skor imbang 1-1 selama waktu normal dan babak tambahan. Swiss yang tampil mengejutkan, berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol Breel Embolo pada menit ke-75.

Embolo memanfaatkan kemelut di kotak penalti Inggris setelah John Stones gagal menyapu bola dengan baik. Tanpa kesulitan, Embolo menceploskan bola ke gawang Pickford.

Pelatih Gareth Southgate langsung bereaksi dengan memasukkan Cole Palmer, Eberechi Eze, dan Luke Shaw. Keputusan ini terbukti jitu. Bukayo Saka, yang baru pulih dari cedera hamstring, sukses membawa Inggris menyamakan kedudukan pada menit akhir pertandingan.

Saka menerima umpan dari rekan setimnya di Arsenal, Declan Rice, menusuk ke dalam kotak penalti, dan melepaskan tembakan kaki kiri yang menggetarkan gawang Yann Sommer. Skor imbang ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, memaksa pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Dengan kemenangan ini, Inggris akan berhadapan dengan pemenang antara Turki dan Belanda di babak semifinal.


Komentar