nusabali

Belanda Kalahkan Turki, Jumpa Inggris di Semifinal Euro 2024

  • www.nusabali.com-belanda-kalahkan-turki-jumpa-inggris-di-semifinal-euro-2024

BERLIN, NusaBali.com - Belanda berhasil meraih kemenangan dramatis atas Turki dengan skor 2-1 pada laga perempat final Euro 2024 yang berlangsung di Olypiasatdion Berlin, Sabtu (6/7/2024) atau Minggu dinihari. Kemenangan ini membawa mereka ke babak semifinal, dimana mereka akan berhadapan dengan Inggris.

Turki memulai pertandingan dengan agresif dan unggul terlebih dahulu melalui gol sundulan Samet Akaydin pada babak pertama menit 35. Aksi gemilang para pemain bertahan Turki membuat Belanda kesulitan menciptakan peluang berbahaya.

Namun, performa Belanda berubah drastis di babak kedua. Masuknya Wout Weghorst sebagai pemain pengganti membuat lini depan Belanda lebih hidup. Weghorst memberikan kontribusi penting dengan melakukan tekel krusial yang menghentikan peluang emas Turki.

Tak lama kemudian, Belanda berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Stefan de Vrij. Gol di menit 70 tersebut tak lepas dari peran Weghorst yang sebelumnya melakukan pergerakan cerdas di kotak penalti sendiri.

Momen apes kemudian dialami Turki ketika Mert Muldur secara tidak sengaja membelokkan umpan silang Cody Gakpo ke gawang sendiri. Gol bunuh diri di menit 76 ini memastikan kemenangan untuk Belanda.

"Tekanan yang besar memang ada pada tim kami sebelum pertandingan ini, meski baru saja menang 3-0 atas Rumania di babak 16 besar," ujar pelatih Belanda, Ronald Koeman.

"Performa kami di babak pertama sangat buruk. Kami terlalu pasif, mudah ditebak, dan rapuh saat menghadapi serangan balik Turki," lanjutnya.

Koeman pun mengambil keputusan tegas dengan menarik keluar Steven Bergwijn pada paruh pertandingan dan memasukkan Weghorst. Keputusan tersebut terbukti jitu, dimana Weghorst memberikan dampak instan dengan permainan agresifnya.

Kiper Belanda, Bart Verbruggen, tampil gemilang dengan melakukan penyelamatan krusial terhadap peluang Kerem Akturkoglu di akhir pertandingan. Kemenangan ini disambut dengan penuh kegembiraan oleh para pemain Belanda, sementara para pemain Turki terlihat kecewa.

Meski gagal melaju ke semifinal, Turki patut berbangga dengan pencapaian mereka di turnamen kali ini. Setelah mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar, mereka nyaris menjegal langkah Belanda yang diunggulkan.

Ini adalah kesempatan yang terlewatkan bagi Turki untuk mencapai semifinal Euro untuk ketiga kalinya. Meski demikian, perjuangan dan penampilan mereka selama turnamen patut diapresiasi.

Komentar