nusabali

Juara MotoGP Jerman, Bagnaia Rebut Puncak Klasemen

  • www.nusabali.com-juara-motogp-jerman-bagnaia-rebut-puncak-klasemen

SACHSENRING, NusaBali - Pembalap tim Ducati Lenovo Francesco ‘Pecco’ Bagnaia memenangi MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7) malam. Bagnaia memaksimalkan jatuhnya rival utama, Jorge Martin, untuk sekaligus merebut puncak klasemen Moto GP.

Ya, Jorge Martin terlihat akan memenangi balapan itu, tetapi dia melakukan kesalahan dan terjatuh saat menjalani satu lap sebelum lap terakhir. Hal itu membuat juara dunia dua kali Bagnaia dapat mengamankan podium pertama.

Marc Marquez, yang akan jadi rekan setim Bagnaia pada musim depan, finis di posisi kedua. Sedangkan adik kandung Marquez, Alex Marquez, finis di posisi ketiga untuk melengkapi podium.

Jatuhnya Martin secara dramatis di Jerman bukan hanya memberikan gelar pemenang kepada Bagnaia, tetapi juga puncak klasemen. Bagnaia kini memimpin 10 poin atas Jorgen Martin menjelang libur musim panas Moto GP. 

Sementara itu, Jorge Martin sendiri menjadi pemenang Sprint MotoGP Jerman 2024 di Sirkuit Sachsenring, Sabtu lalu. Dia mengalahkan pembalap Trackhouse Miguel Oliveira dan Pecco Bagnaia.

Martin yang memulai balapan 15 lap di pole, turun ke posisi ketiga pada awal balapan, di bawah Bagnaia yang memimpin dan Oliveira di posisi kedua.

Tak butuh waktu lama, Martin lalu mengambil alih posisi kedua dari Oliveira pada lap kedua sebelum kemudian pada lap ketiga mengasapi Bagnaia untuk merebut posisi pertama. Pada lap yang sama, posisi Bagnaia kembali turun ke posisi ketiga setelah Oliveira menyalipnya pada tikungan terakhir.

Hingga berakhirnya balapan, posisi Martin sebagai yang tercepat tak tergoyahkan. Bagnaia yang mencari celah untuk menyalip Oliveira juga tak menemui hasil. Martin keluar sebagai pemenang Sprint di Sachsenring tahun ini, mengulangi capaiannya pada musim lalu.

“Yang pasti selalu menang. Di sini kami kuat dan saya punya peluang. Saya pikir saya 100 persen, saya sedikit kesulitan tetapi meskipun saya mampu, Anda tahu untuk mendapatkan posisi saya kalah di lap pertama,” kata Martin seusai Sprint. ant

Hasil 10 Besar MotoGP Jerman:
1. Francesco Bagnaia Ducati Lenovo 40:40,063
2. Marc Marquez Gresini Racing +3,804
3. Alex Marquez Gresini Racing +4,334
4. Enea Bastianini Ducati Lenovo +5,317
5. Franco Morbidelli Prima Pramac +5,557
6. Miguel Oliveira Trackhouse +10,481
7. Pedro Acosta RedBull GasGas +14,746
8. Marco Bezzecchi Pertamina VR46 +14,930
9. Brad Binder RedBull KTM Factory +15,084
10. Raul Fernandez Trackhouse +16,384

Komentar