nusabali

Bersama KIM Plus, 6 Figur Siap Tarung Pada Pilkada Kabupaten Gianyar 2024

  • www.nusabali.com-bersama-kim-plus-6-figur-siap-tarung-pada-pilkada-kabupaten-gianyar-2024

KIM Plus Gianyar melalui sebuah lembaga survei akan menguji elektabilitas personal figur selama dua minggu, kemudian survei figur berpasangan atau paket.

GIANYAR, NusaBali
Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Kabupaten Gianyar terus bergerak untuk menjaring figur yang akan dijadikan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Gianyar pada Pilkada Gianyar, 27 November 2024 mendatang. Minggu (7/7), KIM Plus mulai membuka pendaftaran figur bacabup/bacawabup. 

Pada pendaftaran perdana itu ada enam figur magarus (memulai) pendaftaran. Mereka adalah, pengusaha dan panglingsir Puri Agung Blahbatuh, Desa/Kecamatan Blahbatuh Anak Agung Alit Kakarsana. Ketua DPC Gerindra Gianyar yang mantan anggota DPRD Gianyar satu periode dan anggota DPRD Bali dua periode, asal Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud I Wayan Tagel Arjana ST. 

Mantan anggota DPRD Bali dan kini Sekretaris DPD I Partai Golkar Bali, asal Desa/Kecamatan Tegallalang Dr Ir I Made Dauh Wijana MM. Putra mantan Gubernur Bali Dewa Made Berata asal Lingkungan/Banjar Teges Kangin, Kelurahan/Kecamatan Gianyar, kini pejabat di Pemkab Badung Dewa Gede Joni Astabrata. Mantan Sekda Gianyar asal Lingkungan/Banjar Teges Kangin, Kelurahan/Kecamatan Gianyar I Made Wisnu Wijaya. Serta, pengusaha asal Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh Dr I Nyoman Diana SE MM. 

Pendaftaran enam figur tersebut setelah KIM Plus menggelar rapat di Sekretariat KIM Plus/Kantor DPD II Golkar Gianyar, Jalan Anusapati Nomor 7 Gianyar, selatan GOR Kebo Iwa Gianyar. 

Ketua KIM Plus Kabupaten Gianyar yang juga Ketua DPD II Golkar Gianyar I Kadek Era Sukadana alias Dek Era, mengatakan sebelum mendaftar, enam figur tersebut diundang oleh KIM Plus untuk menghadiri rapat di Sekretariat KIM Kabupaten Gianyar, Jumat (5/7). Rapat beragendakan pencalonan menuju Pilkada Gianyar 2024, dihadiri para pimpinan partai politik yang tergabung dalam wadah KIM Plus. KIM Plus beranggotakan Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem, PSI, Garuda, Gelora, PAN, PKB, PBB, dan Prima. 

Dek Era menyatakan bangga atas kesungguhan enam figur yang siap bertarung pada Pilkada Gianyar itu, meskipun baru tahap mendaftar. Menurutnya, kehadiran enam figur ini menandakan apa yang dilakukan KIM Plus selama ini sangat direspons positif oleh masyarakat terutama para tokoh. Setahunya, enam figur tersebut adalah tokoh–tokoh yang memiliki dukungan kuat di masyarakat atau komunitas. 

“Pendaftaran enam figur ini  menandakan kami makin mendapatkan dukungan nyata, minimal support moral hingga makin semangat untuk mengusung paket calon,” jelas politisi asal Lingkungan Padangtegal, Kelurahan/Kecamatan Ubud, ini. 

Senada Dek Era, Sekretaris KIM Plus/Ketua DPC Gerindra Gianyar I Wayan Tagel Arjana, menambahkan selain mendaftar, para figur tersebut juga sepakat mengikuti proses dan mekanisme dalam KIM Plus. Mereka juga menyatakan kepatuhan serta tunduk terhadap keputusan KIM Plus baik di tingkat Provinsi Bali dan pusat.

Lanjutnya, pendaftaran bakal calon ini akan dibuka seminggu sejak kemarin. Selanjutunya, KIM Plus melalui sebuah lembaga survei akan menguji elektabilitas personal figur selama dua minggu, kemudian survei figur berpasangan atau paket. “Survei ini tentu tak sekadar untuk mengetahui daya elektabilitas figur dan paket calon, namun juga jadi bahan kajian terhadap keberadaan figur di setiap wilayah pemilihan,” jelasnya.

Selanjutnya, tambah Tagel Arjana, figur yang telah mendaftar ini dipersilakan menyosialisasikan diri melalui media atau langsung ke masyarakat. KIM Plus juga mengizinkan sosialisasi figur mengatasnamakan KIM Plus sepanjang berasaskan pantas dan kepatutan yang ada.Sebelumnya diberitakan, tokoh Puri Agung Ubud, Gianyar, Prof Dr Tjokorda Gde Raka Sukawati SE MSi alias Cok De mengundang belasan politisi KIM Plus di Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Senin (1/7). 

Saat itu, Cok De menyatakan akan siap maju sebagai cabup pada Pilkada Gianyar, 27 November 2024, jika mendapatkan petunjuk secara niskala. Saat menerima para politisi KIM Plus, Cok De didampingi kakaknya yang Panglingsir Puri Agung Ubud Tjokorda Gde Putra Sukawati alias Cok Putra. Selain untuk ‘meminang’ Cok De agar mau menjadi cabup Gianyar, pertemuan itu juga diisi diskusi politik dipandu Sekretaris KIM Plus yang Ketua DPC Gerindra Gianyar I Wayan Tagel Arjana. 7 lsa

Komentar