nusabali

SMK TI Bali Global Denpasar Siap Sambut PPDB

Ekstrakurikuler Robotik Belajar dan Berinovasi Kembangkan Robot

  • www.nusabali.com-smk-ti-bali-global-denpasar-siap-sambut-ppdb

DENPASAR, NusaBali - SMK Teknologi Informasi (TI) Bali Global Denpasar siap menyambut pendaftaran peserta didik baru (PPDB) dengan menawarkan berbagai konsentrasi keahlian unggulan yang relevan dengan kebutuhan zaman, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), Animasi, Teknik Grafika, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Komputer Jaringan.

SMK TI Bali Global Denpasar berkomitmen mengajak para peserta didiknya untuk belajar mengenai perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman. Salah satunya adalah pengembangan ekstrakurikuler robotik yang telah berjalan selama satu tahun terakhir. 

Kepala Sekolah SMK TI Bali Global Denpasar Drs I Gusti Made Murjana MPd, menyatakan bahwa ekstrakurikuler robotik ini merupakan salah satu dari 20 kegiatan pengembangan diri yang ada di sekolah.

Ekstrakurikuler robotik telah menunjukkan perkembangan yang pesat berkat dukungan dari guru, pembina, dan siswa-siswi yang kreatif serta inovatif. Berbagai prestasi telah diraih dari sejumlah kompetisi di tingkat kota, provinsi, nasional, dan bahkan di beberapa perguruan tinggi. Keberhasilan ini tidak lepas dari perhatian dan dukungan pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti dan Rektor ITB Stikom Bali Dadang Hermawan.


“Kami memperhatikan dan memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi dengan memberikan beasiswa bebas SPP, serta memperhatikan para pembina yang telah berdedikasi,” ujar Made Murjana ditemui di SMK Ti Bali Global Jalan Tukad Citarum, Dauh Puri Klod, Denpasar Selatan, Senin (8/7). 

Pembina ekstrakurikuler robotik Team Gred Globaliti (Robotik) Ida Bagus Maha Indra Prasada, menambahkan bahwa komunitas robotik di SMK TI Bali Global ini telah memberikan banyak pengalaman dan tantangan baru bagi siswa. 

Mereka tidak hanya mengikuti lomba di tingkat SMA atau SMK, tetapi juga menjajaki kompetisi di jenjang perguruan tinggi dan profesional. Modal dan dukungan dari sekolah membuat siswa semakin berani bersaing di berbagai cabang lomba seperti Line Follower dan Robot Sumo. Rencananya, pada 2025 akan dibuka cabang baru yaitu Soccer Bot.

Meski tergolong baru, ekstrakurikuler robotik di SMK TI Bali Global Denpasar telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Salah satunya adalah keberhasilan tim GRED dalam menyapu bersih juara 1, 2, dan 3 pada Lomba Balap Line Follower di ROBONEC INSTIKI 2023. Selain itu, mereka juga meraih posisi ke-9 dari 48 tim di seluruh Indonesia dalam Lomba Line Follower IRC 2023 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Selain itu, ekstrakurikuler robotik dapat menjadi ikon SMK TI Bali Global Denpasar, karena belum ada SMK lain di Bali, baik swasta maupun negeri, yang memiliki ekstrakurikuler robotik seunggul ini. @ cr79

Komentar