nusabali

3 Bulan, SMPN 2 Amlapura Koleksi 20 Trofi

  • www.nusabali.com-3-bulan-smpn-2-amlapura-koleksi-20-trofi

AMLAPURA, NusaBali - Selama tiga bulan, April - Juni 2024, SMPN 2 Amlapura, mengoleksi 20 trofi juara. Jumlah ini termasuk 11 gelar juara FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional), OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Tingkat Kabupaten Karangasem.

"20 trofi yang kami koleksi ini mulai dari juara I, II, dan III, dari berbagai lomba selama April - Juni. Bulan berikutnya akan kami berupaya mengoptimalkan setiap peluang yang ada," jelas Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan di ruang kerjanya, Senin (8/7).

Lanjut Wirawan, SMPN 2 Amlapura membina banyak bidang lomba, mulai dari akademis dan non akademis. Pemilihan bakat siswa mulai dari penerimaan siswa baru baik jalur prestasi akademis dan non akademis. Sekolah ini telah memiliki guru pembina tersendiri. 

Misalnya, untuk OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Kabupaten Karangasem Mei lalu. Dari tiga mata pelajaran, semua gelar juara diborong SMPN 2 Amlapura, Ni Putu Tani Kembang Yani juara IPA, I Komang Pendy Prayoga juara IPS, dan I Gusti Ayu Ardani Ratna Sasmitha juara Matematika. Sekolah ini pun berhak mewakili Karangasem di OSN Tingkat Provinsi Bali. Harapannya agar nanti menang di OSN Tingkat Provinsi Bali sehingga menjadi wakil Bali di OSN Tingkat Nasional.

Siswa yang ikut lomba mulai dari kelas VII, VIII, dan IX, sehingga regenerasi pembinaan berkelanjutan. Bidang non akademis, ada ajang lomba tersendiri melalui FLS2N, dan O2SN. Saat FLS2N dilaksanakan, SMPN 2 Amlapura meraih dua gelar juara, nomor menyanyi solo melalui Ni Kadek Aprilia Armayanti dan pantomim melalui pasangan Komang Febi Rismayanti dan I Made Restu Widhi Adnyana.

Begitu juga katanya di O2SN, membukukan 6 gelar juara, atletik putri Ni Komang Arpilia Purnami, renang putra I Kadek Jiyotisa Nadi Primajaya, karate putra Gde Yoga Segara Wangsa, karate putri Ni Made Widiary Putri Pratiwi Sangging, bulutangkis putri Ni Komang Ayu Krishna Diani dan cabang ilustrasi Putu Lidya Kirana Listyani.

Kepala Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kurikulum Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Nyoman Parnawa, didampingi Kasi Kurikulum Ni Wayan Tantri, mengakui SMPN 2 Amlapura sebagai barometer prestasi di bidang akademis dan non akademis, di Karangasem selama ini.

"Siswa SMPN 2 Amlapura sering mewakili Karangasem di lomba tingkat Provinsi Bali, karena menang dalam seleksi tingkat kabupaten," jelas I Gusti Parnawa.

Bukan berarti sekolah pinggiran tidak mampu memenangkan lomba, di beberapa nomor pemenangnya dari sekolah pinggiran, tetapi SMPN 2 Amlapura yang selama ini lebih mendominasi.7k16

Komentar