nusabali

Tukang Bangunan Dapat Santunan Kematian

  • www.nusabali.com-tukang-bangunan-dapat-santunan-kematian

GIANYAR, NusaBali - Dua pekerja rentan di Desa Temesi, Kecamatan/Kabupaten Gianyar mendapatkan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan. Ahli waris I Wayan Partayasa seorang tukang bangunan dan ahli waris I Nyoman Suarta seorang mekanik sepeda motor masing-masing mendapatkan uang senilai Rp 42 juta. Pekerja rentan ini merupakan peserta program perlindungan sosial 1 desa untuk 100 pekerja rentan.

Di awal, program ini dibayarkan dengan dana desa selama 6 bulan. Selanjutnya dibayar secara mandiri Rp 16.800 per bulan. Kedua almarhum termasuk peserta yang melanjutkan pembayaran iuran secara mandiri sehingga berhak atas jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali di Gianyar, Pandu Arya berkomitmen terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial, terutama bagi pekerja di sektor informal yang rentan terhadap risiko kerja.


Penyerahan santunan secara simbolis dilakukan pada Senin (8/7) dihadiri Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani bersama Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar Ni Made Ratna beserta anggota. Ni Made Ratnadi menyampaikan rasa simpatinya kepada keluarga almarhum serta menekankan pentingnya jaminan sosial bagi para pekerja. “Kami di DPRD sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan ini. Penyerahan santunan ini adalah bukti nyata Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar dan BPJS Ketenagakerjaan peduli terhadap nasib pekerja dan keluarganya. Kami berharap santunan ini dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” ujar Ratnadi.

Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Dayu Surya menyampaikan apresiasi atas peran BPJS Ketenagakerjaan dalam membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. “Kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi keluarga almarhum dan mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap pentingnya jaminan sosial,” ujarnya. Dayu Surya menjelaskan, Program 1 Desa 100 Pekerja Rentan ini digagas Bupati Gianyar periode 2018-2023, I Made Mahayastra. “Kini bisa dirasakan manfaatnya. Terbukti sangat membantu,” ungkap Dayu Surya. 7 nvi

Komentar