nusabali

2 Tahun Nihil Siswa, SDN 6 Bhuana Giri Dapat 2 Siswa Baru

  • www.nusabali.com-2-tahun-nihil-siswa-sdn-6-bhuana-giri-dapat-2-siswa-baru

AMLAPURA, NusaBali - SDN 6 Bhuana Giri, di Banjar Komala, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, kini mendapatkan 2 siswa baru. Sebelumnya, tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024, SD ini nihil siswa baru.

Sebelumnya pula SD ini tanpa anak kelas I dan II. "Memang pendukung sekolah ini hanya di Banjar Komala," jelas Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kecamatan Bebandem, Ida Bagus Made Suta Susila di ruang kerjanya, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem Selasa (9/7).

Lanjut Ida Bagus Made Suta Susila, dari 41 SD di Kecamatan Bebandem, semuanya mendapatkan siswa untuk tahun ajaran 2024/2025. 

Kasek SDN 6 Bhuana Giri I Made Suartika mengatakan sebelumnya di sekolah itu di tahun ajaran 2023/2024 memiliki 15 siswa, setelah itu tamat 3 siswa sehingga tinggal 12 siswa. Dengan adanya tambahan 2 siswa, di tahun ajaran 2024/2025, kini ada 14 siswa. "Jadinya kali ini untuk kelas II dan kelas III, tanpa siswa," katanya.

Keberadaan siswa SD ini yakni kelas I 2 siswa, kelas IV 2 siswa, kelas V 6 siswa, dan kelas VI 4 siswa. Tahun lalu selain SDN 6 Bhuana Giri, juga SDN 10 Karangasem dan SDN 6 Muncan, Kecamatan Selat tanpa siswa.

Di bagian lain, SDN 10 Karangasem yang tahun lalu nihil siswa, kini untuk tahun ajaran 2024/2025, hanya mendapatkan 1 siswa baru. "Kali ini kami dapat 1 siswa baru," jelas Kasek SDN 10 Karangasem Desak Putu Aryati. SDN 10 Karangasem yang berdiri tahun 1983  berlokasi di Lingkungan Belong, Kelurahan/Kecamatan Karangasem katanya, tahun lalu tidak ada anak berusia 6 tahu di Lingkungan Belong, kali ini baru 1 anak ditemukan berusia 6 tahun. 

Korwil Disdikpora Kecamatan Karangasem I Ketut Latri mengakui, di SDN 10 Karangasem hanya dapat 1 siswa. "Sehingga semua SD Negeri di Kecamatan Karangasem dapat siswa, dari 67 SD Negeri," katanya.

Di bagian lain Korwil Disdikpora Kecamatan Selat I Ketut Mertayasa, juga mengatakan, di Kecamatan Selat dari 34 SD, semuanya dapat siswa, termasuk SDN 6 Muncan, yang tahun lalu nihil siswa baru.

"Dari 34 SD Negeri hanya paling sedikit dapat siswa SDN Amerta Bhuana, sebanyak 5 siswa," jelas Mertayasa, yang mantan Kasek SDN 1 Selat.

Dari 5 siswa baru itu, jelasnya, 4 siswa dari Banjar Abiantiing Ni Ketut Ayu Citra Dewi, Ni Kadek Ersy Darma yant6i, Ni Putu Indah Arta Rahayu dan I Putu Arka Pradipta Pratama dan satu siswa dari Banjar Tegeh atas nama I Kadek Muliarta, semuanya merupakan alumnus TK Sinar Bhuana.

Kepala Bidang SD Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana mengaku belum dapat laporan terkait penerimaan siswa baru untuk jenjang SD. "Kami belum dapat laporan, mengenai siswa baru di 356 SD di Karangasem, apakah ada SD yang tidak dapat siswa baru atau tidak saya belum tahu," katanya.7k16

Komentar