nusabali

SMAN 1 Tembuku Penuhi Kuota PPDB

  • www.nusabali.com-sman-1-tembuku-penuhi-kuota-ppdb

BANGLI, NusaBali - SMAN 1 Tembuku, Bangli, melakukan proses pendaftaran ulang bagi siswa baru untuk PPDB (penerimaan peserta didik baru) tahun 2024. Sekolah di Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, ini memiliki kuota 288 siswa.

Namun ada sejumlah siswa yang baru mendaftar karena tidak lolos di sekolah lain. Kepala SMAN 1 Tembuku  Komang Warsa mengatakan pada pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2024/2025, SMAN 1 Tembuku membuka 8 rombongan belajar (rombel). Masing-masing rombel/kelas diisi 36 siswa sehingga total menjadi 288 siswa. 

Dari proses yang telah berjalan, siswa yang mendaftar 286 orang. "Dari kuota yang ditetapkan masih kurang dua orang," ungkapnya Selasa (9/7). Lanjutnya, saat ini sedang berlangsung proses pendaftaran ulang bagi calon siswa baru. Pendaftaran ulang dijadwalkan sampai Rabu (10/7). 

Diakui, ada beberapa siswa yang baru mendaftarkan diri. Siswa tersebut sebelumnya sudah mendaftar di sekolah lain, namun tidak lolos. Menurut Warsa, siswa tersebut saat melakukan pendaftaran hanya memilih satu sekolah saja. "Saat pendaftaran siswa harusnya mengisi pilihan pertama dan pilihan kedua. Tapi ini hanya memilih satu sekolah saja," jelasnya. 

Siswa yang belum terdaftar ini akhirnya menjadi siswa tercecer. Berkaitan dengan hal ini, Warsa akan berkoordinasi ke dinas pendidikan. "Tidak boleh ada siswa yang tercecer, sekolah wajib memfasilitasi kebutuhan pendidikan. Ini sekolah negara sekolahnya masyarakat. Kami akan koordinasikan dengan pimpinan," ujarnya.

Melihat kondisi sekolah, daya tampung sekolah hanya 8 kelas. Ketika siswa yang datang lebih banyak, tentu harus dicarikan solusi. Jika jumlah siswa melebihi dalam 1 rombel tentu akan penilaian merah pada data pokok pendidikan (dapodik). 

Kepala sekolah asal Karangasem ini menambahkan saat ini yang menjadi kendala kurangnya ruang kelas. Sehingga tidak memungkinkan untuk menambah rombel lagi. "Setiap tahunnya kami hanya membuka delapan  kelas," sebutnya.7esa

Komentar