nusabali

Spanyol Melaju ke Final Euro 2024

  • www.nusabali.com-spanyol-melaju-ke-final-euro-2024

MUENCHEN, NusaBali.com - Spanyol melangkah ke final Euro 2024 setelah menundukkan Prancis 2-1 di Allianz Arena, Muenchen, dalam pertandingan semifinal yang menegangkan pada Selasa (9/7/2024) atau Rabu dini hari waktu Indonesia.

Gol dari Lamine Yamal dan Dani Olmo membalikkan keadaan setelah Prancis sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Randal Kolo Muani. Hasil ini mengantarkan La Furia Roja ke final Euro untuk kelima kalinya, dengan tiga di antaranya berbuah gelar juara.

Di laga final Minggu (14/7/2024) mendatang, Spanyol menunggu pemenang laga Inggris vs Belanda yang akan dilangsungkan Rabu (10/7/2024) ini.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama berlangsung sengit dengan kedua tim saling serang. Spanyol mengancam lebih dulu melalui sundulan Fabian Ruiz yang melambung di atas gawang Prancis.

Prancis kemudian memimpin pada menit ke-9 berkat gol Kolo Muani yang memaksimalkan umpan silang Kylian Mbappe.

Spanyol tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Yamal menunjukkan kualitasnya dengan gol melengkung indah dari luar kotak penalti pada menit ke-21, menjadikannya pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa.

Hanya empat menit berselang, Olmo membawa Spanyol berbalik unggul. Mendapatkan bola di kotak penalti, Olmo mengecoh dua pemain dan melepaskan tendangan mendatar yang tak bisa dihalau Jules Kounde.

Prancis berusaha bangkit di babak kedua, namun Spanyol tampil disiplin dan kokoh dalam bertahan. Peluang emas Theo Hernandez pada menit ke-75 gagal dimaksimalkan.

Spanyol hampir memperbesar keunggulan di menit ke-81, namun tembakan Yamal dari luar kotak penalti sedikit melenceng dari target.

Prancis terus berusaha hingga akhir pertandingan, namun tak ada gol penyeimbang yang tercipta. Skor 2-1 untuk Spanyol bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Komentar Pelatih

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, gembira dengan lolosnya timnya ke final. Dia menyebut ini sebagai kembalinya sepakbola Spanyol ke tempat semestinya.

"Kami telah mengembalikan sepakbola Spanyol ke tempat semestinya. Kami harus menghargai perjuangan para pemain. Kami ingin terus mencetak sejarah, kami tidak ingin bersantai dan fokus menatap final di Berlin," kata de la Fuente.

Sementara itu, Didier Deschamps, pelatih Prancis, tak mau menyalahkan Mbappe dan Griezmann yang tampil buruk. Dia menyebut semua tanggung jawab ada di tangannya.

"Semuanya menjadi tanggung jawab saya," kata Deschamps. "Melawan tim Spanyol dengan kualitas seperti itu, Anda harus berada dalam kondisi terbaik."

Deschamps juga menyoroti beberapa kendala yang dihadapi timnya, seperti cedera dan kurangnya persiapan.

"Kami menghadapi masalah yang paling mendesak dan mencoba se-klinis mungkin meskipun semuanya berjalan baik, tapi langkah itu mungkin agak terlalu tinggi kendati kami cukup beruntung bisa membuka skor," kata Deschamps.

Susunan Pemain:

Spanyol: Unai Simon; Jesus Navas (Daniel Vivian 56'), Nacho Fernandez, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Dani Olmo (Mikel Merino 76'), Nico Williams; Alvaro Morata (Mikel Oyarzabal 76').

Prancis: Mike Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez; N'Golo Kante (Antoine Griezmann 62'), Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot (Eduardo Camavinga 62'); Ousmane Dembele (Olivier Giroud 79'), Randal Kolo Muani (Bradley Barcola 62'), Kylian Mbappe.

Komentar