nusabali

Wasit Kontroversial Pimpin Inggris vs Belanda

  • www.nusabali.com-wasit-kontroversial-pimpin-inggris-vs-belanda

DORTMUND, NusaBali - Semifinal Euro 2024 antara Inggris dan Belanda pada Rabu (10/7) atau Kamis dinihari WITA diwarnai kontroversi terkait pemilihan wasit. Felix Zwayer, wasit asal Jerman yang ditunjuk untuk memimpin pertandingan, pernah dijatuhi sanksi skorsing selama enam bulan di tahun 2005 karena menerima suap.

Penunjukan Zwayer memicu kekecewaan publik Inggris, terutama mengingat komentar gelandang muda Jude Bellingham yang pernah mengkritik wasit tersebut. Pada 2021, saat membela Borussia Dortmund yang kalah 3-2 dari Bayern Muenchen, Bellingham melontarkan pernyataan yang membuatnya didenda 40.000 Euro.

"Anda bisa melihat banyak keputusan kontroversial dalam pertandingan itu," kata Bellingham kala itu. "Mereka memberikan wasit yang pernah terlibat pengaturan skor, untuk memimpin pertandingan terbesar di Jerman. Apa yang Anda harapkan?"

Meskipun mendapat sanksi atas komentarnya, Bellingham pada dasarnya menyoroti masa lalu Zwayer yang memang ternoda kasus pengaturan skor. Zwayer terbukti menerima suap 300 Euro dari wasit lain, Robert Hoyzer, untuk mempengaruhi hasil pertandingan antara Wuppertaler SV melawan Werder Bremen Amateure pada 2004.

Federasi Sepakbola Inggris (FA) menolak berkomentar terkait pemilihan Zwayer. Sementara itu, bek Inggris Luke Shaw menyatakan timnya akan tetap fokus pada pertandingan dan menghormati keputusan UEFA.

"Kami harus menghormati UEFA siapapun yang mereka pilih sebagai wasit. Itu tidak akan mengubah apapun tentang kami," ujar Shaw. "Kami tetap fokus pada pertandingan, bukan pada siapa wasitnya. Bagi kami, itu tidak akan membuat perbedaan."

Di sisi lain, para penggemar Inggris geram dengan keputusan UEFA. Mereka mempertanyakan kredibilitas Zwayer dan neutralitasnya dalam memimpin pertandingan krusial seperti semifinal.

"Bagaimana dia bisa bersikap netral? Dan apa yang UEFA pikirkan?" ungkap seorang fans Inggris dikutip The Sun.

Sementara itu, Zwayer sendiri pernah mengambil cuti selama dua bulan setelah perselisihannya dengan Bellingham di tahun 2021. Namun, ia kemudian kembali bertugas sebagai wasit.

Pertandingan semifinal antara Inggris dan Belanda akan digelar di Stadion BVB Dortmund yang berkapasitas 62.000 penonton. Keputusan UEFA untuk tetap menunjuk Zwayer sebagai wasit memicu perdebatan dan kekhawatiran publik Inggris. 7mao

Komentar