nusabali

Pencak Silat Demonstrasi di Olimpiade Paris 2024

  • www.nusabali.com-pencak-silat-demonstrasi-di-olimpiade-paris-2024

Indonesia memperkenalkan pencak silat ke kancah dunia dan membuka jalan agar kelak dipertandingkan secara resmi di Olimpiade.

JAKARTA, NusaBali
Sebuah gebrakan baru akan hadir di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Indonesia berencana untuk mendemonstrasikan pencak silat, seni bela diri tradisional kebanggaan bangsa, di ajang olahraga internasional bergengsi tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, memimpin rapat koordinasi terkait rencana demonstrasi pencak silat ini pada Selasa (9/7) di Kemenpora, Jakarta. 

Ia pun menegaskan keseriusan Indonesia untuk memperkenalkan pencak silat ke kancah dunia dan membuka jalan agar kelak dapat dipertandingkan secara resmi di Olimpiade. "Kita serius agar nantinya pencak silat ini bisa dipertandingkan di Olimpiade di masa yang akan datang," ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito menuturkan bahwa demonstrasi ini akan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara. Kolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait dan stakeholder olahraga menjadi kunci untuk mewujudkan rencana ambisius ini.

"Butuh dukungan berbagai pihak agar negara-negara lain bisa hadir nanti, termasuk Presiden IOC (International Olympic Committee) Thomas Bach," jelas Menpora Dito.

Senada dengan Menpora Dito, Ketua Harian PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Benny Gautama Sumarsono, optimis bahwa demonstrasi pencak silat ini akan sukses dan membuka peluang bagi pencak silat untuk dipertandingkan secara resmi di Olimpiade di masa depan.

"Kita akan memperkenalkan pencak silat di event Olimpiade (Paris) nanti melalui acara demonstrasi silat. IPSI secara bersama-sama akan turut mempersiapkannya dengan segera. Rencananya memang akan mengundang negara-negara lain termasuk juga NOC dari berbagai negara," jelas Benny Gautama.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Dirjen Infromasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris Anindya Novyan Bakrie, dan sejumlah pejabat lainnya.7

Komentar