nusabali

Ida Pedanda Wayahan Bun Griya Sanur Pejeng Lebar

  • www.nusabali.com-ida-pedanda-wayahan-bun-griya-sanur-pejeng-lebar

GIANYAR, NusaBali - Ida Pedanda Wayahan Bun Griya Sanur di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar lebar (meninggal dunia), Selasa (9/7) sore.

Almarhum sebelumnya sempat menjabat sebagai Ketua PHDI Kabupaten Gianyar dan Dharma Upadesa Kabupaten Gianyar. Palebon akan dilaksanakan pada Wraspati Paing Kulantir, Kamis 8 Agustus 2024 mendatang. 

Suasana rumah duka Griya Sanur Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring. -IST

Ida Pedanda Istri Wayahan Bun mengungkapkan kepergian almarhum cukup mendadak. Bermula ketika Ida merasakan kedinginan kemudian mengeluh sesak napas. Namun sayang, ketika dilarikan ke RS Ari Canti di Desa Mas, Kecamatan Ubud, Ida Pedanda yang mediksa Tahun 2000 ini diduga hembuskan napas terakhir dalam perjalanan. "Tiga hari sebelumnya, Ida merasakan kedinginan dan mengeluhkan sesak napas. Kemarin, dilarikan ke rumah sakit tapi dalam perjalanan kayaknya Ida sampun meninggal," ungkap Ida Pedanda Istri. 

Ida Pedanda yang semasa walaka merupakan pensiunan dosen Fakultas Sastra Unud ini diketahui memang memiliki riwayat penyakit. "Sejak beberapa tahun lalu, menderita diabetes dan gangguan ginjal," jelasnya. Sejak berpulangnya almarhum, Griya Sanur Pejeng banyak didatangi kerabat dan keluarga almarhum. Layon Ida Pedanda kini disemayamkan di balai gedong. Prosesi upacara akan dilaksanakan nyiramin pada 20 Juli dan 4 Agustus 2024. Disusul ngaskara 7 Agustus 2024 dan puncak Pelebon dilangsungkan 8 Agustus 2024. Ida Pedanda lebar meninggalkan dua orang istri serta 7 putra-putri. 7 nvi

Komentar