nusabali

Pengaruman Pura Merajan Klodan Terbakar

  • www.nusabali.com-pengaruman-pura-merajan-klodan-terbakar

SEMARAPURA, NusaBali - Pengaruman Pura Merajan Klodan Arya Wang Bang Pinatih di Dusun Sarimerta, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, terbakar, Rabu (10/7) siang. Kebakaran diduga akibat percikan api bekas pembakaran sampah. Pangempon pura tidak melaporkan musibah ini ke kepolisian. Kerugian material mencapai puluhan juta rupiah.

Informasi di lapangan, kejadian ini diketahui sekitar pukul 13.45 Wita. Ketika itu warga melihat kepulan asap dari atap pengaruman merajan berbahan ijuk. Warga berupaya melakukan pemadaman dan menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klungkung. Empat unit Damkar dengan 12 personel ke TKP untuk memadamkan api. Sekitar 30 menit api dapat dipadamkan.

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Dewa Putu Suarbawa, mengatakan setelah menerima laporan langsung menuju lokasi dengan mengerahkan 4 unit Damkar. Api dapat dipadamkan dengan membongkar dan memilah atap ijuk. “Kami tidak sampai menurunkan atap ijuk yang terbakar,” ujar Dewa Suarbawa. Kapolsek Banjarangkan AKP I Made Sutika menduga penyebab kebakaran akibat terkena percikan api bekas pembakaran sampah yang terbawa angin.  Percikan api menempel di atap ijuk sehingga cepat terbakar. 

Tidak ditemukan adanya kabel listrik yang terhubung dari bangunan lain menuju bangunan yang terbakar. Dari pagi tidak ada persembahyangan dan meninggalkan bekas sarana sembahyang berupa dupa. “Anggota piket sudah ke lokasi, tapi warga (pengempon) yang mengalami musibah tidak melaporkan musibah itu ke kepolisian,” ujar AKP Sutika. 7 wan

Komentar