nusabali

37 Hektare Sawah di Tabanan Diserang Hama

  • www.nusabali.com-37-hektare-sawah-di-tabanan-diserang-hama

TABANAN, NusaBali - Tak hanya pada tanaman kakao, padi petani di Kabupaten Tabanan juga diserang hama. Ada 37 hektare sawah di 10 kecamatan diserang hama tikus dan penggerek batang.

Dari data di Dinas Pertanian Tabanan, ada 23 hektare sawah yang diserang hama tikus dan 14 hektare sawah yang diserang hama penggerek batang. Seluruh serangan ini menyebar di 10 kecamatan. 

Koordinator POPT (Pengendali Organisme Penganggu Tumbuhan) Dinas Pertanian Tabanan I Gusti Putu Purnayasa mengatakan serangan dua hama terhadap tanaman padi ini memang masih kategori ringan. "Belum ada laporan sampai adanya kerugian," jelasnya. 

Namun, kata dia, serangan hama ini harus segera diatasi supaya tidak meluas. Dari 37 hektare sawah yang diserang hama, dominan berada di Kecamatan Pupuan, Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Selemadeg. "Memang untuk hama tikus masih menjadi ancaman terbesar bagi petani," tegas Purnayasa. 

Untuk itu dia pun mengimbau kepada petani selalu melakukan sanitasi di areal persawahan terutama telajakan untuk mencegah adanya sarang tikus. Selain itu rajin melakukan penyemprotan dengan baik supaya tidak adanya penggerek batang. 

"Kami juga menerjunkan petugas untuk memberikan pendampingan dan meminta pada petani memperbanyak kegiatan pemberantasan hama. Serangan hama dipicu faktor perubahan cuaca dan pola tanam tidak serentak," tandasnya.7des

Komentar