nusabali

Hindari Perpeloncoan dan Kekerasan!

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

  • www.nusabali.com-hindari-perpeloncoan-dan-kekerasan

Kami tidak bisa mentoleransi bila nantinya dalam MPLS ditemukan adanya unsur kekerasan dan perpeloncoan. (Kepala Disdikpora Bangli Komang Pariarta)

BANGLI, NusaBali 
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli mengingatkan sekolah agar mengikuti surat edaran (SE) dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Salah satu yang menjadi penenakan tidak adanya bullying di sekolah.

Kepala Disdikpora Bangli Komang Pariarta mengatakan berkaitan dengan pelaksanaan MPLS ini, pihak Disdikpora Bangli mengimbau pihak selokah untuk menghindari adanya perpeloncoan dalam kegiatan MPLS tersebut. “Dari pusat telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) agar sekolah menghindari perpoloncoan, bullying, dan kekerasan dalam kegiatan MPLS nanti,” ungkapnya Rabu (10/7).

Pihaknya minta sekolah yang melaksanakan MPLS agar lebih mengutamakan hal-hal yang menyenangkan, berkerakter, dan memihak pada anak. Dalam Kurikulum Merdeka ditekankan terkait Pancasila dan pembentukan karakter anak. “Kami tidak bisa mentoleransi bila nantinya dalam MPLS ditemukan adanya unsur kekerasan dan perpeloncoan atau bullying,” kata Komang Pariarta.

Lanjutnya, selain mengeluarkan SE, untuk menghindari hal-hal kekerasan dalam kegiatan MPLS, di masing-masing sekolah juga telah dibentuk satuan penanganan kekerasan di masing-masing sekolah. Tim ini nantinya akan melakukan pengawasan dalam proses MLPS  sehingga adanya unsur kekerasan dalam pelaksanaan nanti. 

Adapun anggota tim penanganan kekerasan di sekolah yakni beranggotakan internal sekolah dan unsur komite sekolah. “Kami harap dengan terbentuknya tim ini tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan dalam proses MLPS nanti,” ujar pejabat asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli ini. 7esa

Komentar