nusabali

Presiden Lepas Kontingen Indonesia

Siap Berjuang di Olimpiade Paris 2024

  • www.nusabali.com-presiden-lepas-kontingen-indonesia

Presiden Jokowi berpesan agar atlet yang tampil di Olimpiade tampil penuh semangat dan meraih medali. 

JAKARTA, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap para atlet Indonesia sukses dan berhasil membawa pulang medali pada ajang Olimpiade Paris 2024. "Rakyat menginginkan bendera Merah Putih berkibar di arena Olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Olimpiade, dan saudara-saudara pulang membawa medali," kata Presiden dalam acara pelepasan keberangkatan Tim Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7) sore.

Presiden Jokowi berpesan agar para atlet bertanding dengan penuh semangat dan optimisme, meskipun menghadapi lawan berat dari berbagai negara. "Mata dunia akan tertuju semuanya pada penampilan saudara, dan rakyat Indonesia akan tertuju kepada saudara-saudara dan menaruh banyak harapan kepada atlet-atlet kita," tuturnya.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan 29 atlet, para pelatih, dan ofisial yang menjadi kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Acara pengukuhan ini berlangsung di Auditorium Kemenpora, pada Rabu  siang.

Jumlah atlet yang berangkat kali ini merupakan yang terbanyak dalam 20 tahun terakhir, dengan hanya Olimpiade Athena 2004 yang mengirim lebih banyak atlet, yakni 38 orang. "Prestasi ini sangat membanggakan, karena ini menambah peluang untuk bisa memperoleh medali emas guna membanggakan Indonesia," ujar Dito.

Kontingen ini terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang keras selama proses Kualifikasi Olimpiade. Mereka akan bertanding di 12 cabang olahraga, termasuk bulu tangkis, panjat tebing, akuatik, senam, dan judo. Total keseluruhan kontingen berjumlah 86 orang, termasuk pelatih dan ofisial dari masing-masing cabang olahraga.

Dito menambahkan, pemerintah dan masyarakat Indonesia mendukung sepenuhnya perjuangan para atlet. "Kami ingin mendapatkan medali khususnya emas sebanyak-banyaknya, namun semua itu dikembalikan lagi kepada usaha dari para atlet untuk berbuat maksimal dalam mencapai hasil nanti," tambahnya.

Menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju ini mengungkapkan bahwa kontingen akan berangkat ke Paris pada 13 Juli mendatang. Namun, dua atlet renang akan berangkat pada 22 Juli. Olimpiade akan berlangsung di ibu kota Prancis pada 26 Juli-Agustus 2024. 7ant

Daftar lengkap 29 atlet Indonesia yang akan tampil di Olimpiade Paris 2024:

1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)
2. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)
3. Diananda Choirunisa (Panahan)
4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)
5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)
6. Fathur Gustafian (Menembak)
7. Rio Waida (Selancar Ombak)
8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
9. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)
10. Memo (Dayung)
11. Bernard Benyamin van Aert (Balap Sepeda)
12. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)
13. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)
14. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)
15. Fajar Alfian (Bulu Tangkis)
16. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis)
17. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)
18. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulu Tangkis)
19. Rinov Rivaldy (Bulu Tangkis)
20. Pitha Haningtyas Mentari (Bulu Tangkis)
21. Nurul Akmal (Angkat Besi)
22. Raji'ah Sallsabilah (Panjat Tebing)
23. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)
24. Maryam March Maharani (Judo)
25. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)
26. Rezza Octavia (Panahan)
27. Syifa Nur Afifah Kamal (Panahan)
28. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)
29. Azzahra Permatahani (Renang)

Komentar