nusabali

Atlet Layar Bali Juara III di Banten

  • www.nusabali.com-atlet-layar-bali-juara-iii-di-banten

JAKARTA, NusaBali - Atlet layar Bali, Ni Putu Anindya Maheswari (Nindya) meraih juara III di kelas Optimis B (umur -13) pada Kejuaraan Tukik Regatta 2024 Anyer, Provinsi Banten yang berlangsung pada 7-10 Juli. Sementara peringkat pertama ditempati atlet Jawa Barat, Riskia Aulia. Tempat kedua atlet Banten, Lexy Rizka Ratita.

Pelatih Nindya, Gede Subagiasa mengatakan, hasil tersebut sudah bagus. Lantaran Nindya baru dua kali mengikuti kejuaraan tingkat nasional. Pertama saat Pra PON pada September 2023 lalu. Kala itu, pelajar kelas 6 SDN 6 Sanur ini berada di peringkat ke-10, sehingga tidak lolos PON 2024.

"Tukik Regatta merupakan kejuaraan tingkat nasional kedua yang dia ikuti dan dia berhasil meraih juara III. Hasil ini, sudah lumayan bagus untuk menambah pengalamannya. Paling tidak dapat memotivasi dia ke depan agar lebih baik lagi," ujar Gede Subagiasa kepada NusaBali, Rabu (10/7).

Apalagi, kata Gede Subagiasa, Nindya baru dua tahun menggeluti cabang olahraga layar. Nindya pun, langsung dilatih Gede Subagiasa yang juga merupakan atlet layar Bali. Guna mempersiapkan diri mengikuti Tukik Regatta, Nindya berlatih setiap hari di Pantai Sanur.

Ketika berlatih, kata mantan atlet Pelatnas Asian Games 2018 ini, mereka terbiasa dengan angin kencang yang berkisar 15 knot ke atas dan minimal 8 knot. Namun, saat pertandingan hari pertama pada Senin (8/7), angin berhembus pelan atau berkisar 5-7 knot.

"Tetapi pertandingan tetap dilaksanakan. Hal ini, mempengaruhi penampilan Nindya juga," kata Gede Subagiasa. 

Untuk mengatasinya, atlet kelahiran Denpasar, 16 Maret 2013 itu berusaha agar jangan sampai tertinggal lawan. Diketahui kejuaraan diikuti pula atlet dari Banten, Sulawesi Selatan. Kemudian DKI Jakarta, Kalimatan Timur, Kalimantan Utara dan Jawa Barat.

Beruntung, pada hari kedua Selasa (9/7) dan hari ketiga Rabu (10/7) angin berhembus kencang. Bahkan, mencapai 10 knot lebih. Nindya pun, sukses menempati posisi tiga besar.

"Kalau hari pertama angin kencang seperti di hari kedua dan ketiga, Nindya bisa posisi pertama di ajang kejuaraan tersebut. Sayang, hari pertama anginnya jelek sehingga mempengaruhi penampilannya," terang pria yang juga ayah dari Nindya ini. 7k22

Komentar