nusabali

Inggris Melaju ke Final Euro 2024, Jumpa Spanyol!

  • www.nusabali.com-inggris-melaju-ke-final-euro-2024-jumpa-spanyol

DORTMUND, NusaBali.com - Inggris melangkah ke final Euro 2024 setelah mengalahkan Belanda 2-1 dalam pertandingan semifinal yang menegangkan di Stadion BVB, Dortmund, Rabu (11/7/2024) atau Kamis dini hari waktu Indonesia.

Gol penentu kemenangan Inggris dicetak oleh pemain pengganti Ollie Watkins pada menit ke-91, setelah sebelumnya Harry Kane menyamakan kedudukan melalui penalti. Belanda sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Xavi Simons.

Inggris akan bertemu Spanyol di final yang akan digelar di Olympiastadion Berlin pada Minggu (14/7/2024). Spanyol lolos ke final setelah mengalahkan Prancis dengan skor 2-1.

Jalannya Pertandingan

Belanda memulai pertandingan dengan gemilang dan memimpin 1-0 melalui gol indah Xavi Simons pada menit ke-7. Simons melepaskan tendangan kaki kiri dari jarak jauh yang tak mampu dihalau kiper Jordan Pickford.

Inggris sempat kesulitan untuk menyamakan kedudukan, namun mereka akhirnya mendapatkan penalti pada menit ke-32 setelah Denzel Dumfries melakukan pelanggaran terhadap Harry Kane. Kane sendiri yang maju sebagai eksekutor dan sukses melesakkan bola ke gawang Belanda.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kedua tim bermain lebih hati-hati. Inggris sempat mencetak gol pada menit ke-79 melalui Bukayo Saka, namun golnya dianulir karena offside.

Pelatih Inggris Gareth Southgate kemudian memasukkan Ollie Watkins dan Cole Palmer untuk menambah daya gedor timnya. Keputusan ini terbukti tepat, karena Watkins berhasil mencetak gol kemenangan pada menit ke-91.

Watkins memaksimalkan umpan silang Palmer dan melepaskan tendangan mendatar yang tak mampu dihalau kiper Belanda Bart Verbruggen.

Watkins Menjadi Pahlawan

Ollie Watkins menjadi pahlawan kemenangan Inggris dalam pertandingan ini. Pemain berusia 26 tahun ini baru masuk menggantikan Harry Kane pada menit ke-81.

"Saya kehilangan kata-kata! Saya tidak ingin keluar dari lapangan karena saya ingin terbenam di dalamnya," kata Watkins.

"Saat Cole berbalik, saya melakukan pergerakan, saya tahu apa yang akan terjadi. Saya tidak berpikir bahwa saya menendang bola dengan sebagus itu. Saya tidak pernah berpikir saya akan bermain di Piala Eropa bersama Inggris, tetapi saya meletakkan begitu banyak kerja keras untuk bisa berada di titik ini," ucap pemain Aston Villa itu.

Inggris Siap Hadapi Spanyol

Dengan kemenangan ini, Inggris akan melaju ke final Euro 2024 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Mereka akan bertemu dengan Spanyol yang merupakan juara bertahan.

"Kami bermain begitu baik. Ini merupakan pertandingan yang rumit dan kami harus terus berubah, khususnya dengan cara kami bertahan. Kami harus beradaptasi sepanjang waktu dan para pemain melakukan begitu banyak keputusan bagus. Ini adalah akhir yang istimewa bagi para pemain dan penghargaan untuk apa yang telah mereka berikan," kata Southgate.

Melihat performa Inggris, pelatih Belanda Ronald Koeman pun memberikan apresiasinya kepada Gareth Southgate. "Saya yakin tim asuhannya memiliki peluang untuk mengalahkan Spanyol pada pertandingan final," ujar Koeman.

Pertandingan final Euro 2024 antara Inggris dan Spanyol akan digelar di Olympiastadion Berlin pada Minggu (14/7) atau Senin dinihari waktu Indonesia.



Komentar