nusabali

10 Pemain Kolombia Singkirkan Uruguay, Tantang Argentina di Final Copa America 2024

  • www.nusabali.com-10-pemain-kolombia-singkirkan-uruguay-tantang-argentina-di-final-copa-america-2024

CHARLOTTE, NusaBali.com - Walau bermain dengan 10 pemain sejak babak kedua, Kolombia mampu menahan Uruguay sekaligus mempertahankan gol yang dicetak di babak pertama ke gawang Uruguay. Kemenangan di Stadion Bank of America pada Rabu (10/7/2024) atau Kamis siang waktu Indonesia ini pun mengantar Kolombia ke laga puncak Copa America 2024 menghadapi Argentina.

Sebelumnya, Argentina sudah mengamankan tempat mereka di final usai mengalahkan Kanada dengan skor 2-0 pada Selasa malam.

Kolombia bermain dengan 10 pemain setelah di akhir babak pertama Daniel Munoz mengantongi kartu kuning kedua, alias diganjar kartu merah oleh wasit Cesar Ramos (Meksiko).

Kemenangan atas Uruguay di hadapan 70.644 penonton ini membuat Kolombia memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 28 pertandingan. Rangkaian tak terkalahkan ini dimulai sejak kekalahan mereka dari Argentina pada Februari 2022.

Suasana pertandingan semifinal ini cukup panas. Tujuh kartu kuning dan satu kartu merah dikeluarkan wasit. Bahkan, saat peluit akhir dibunyikan, kedua tim terlibat dorong-dorongan dan beberapa pemain terlihat beradu dengan penonton di tribun.

Jefferson Lerma menjadi pahlawan kemenangan Kolombia berkat gol sundulannya pada menit ke-39. Gol tersebut memanfaatkan umpan corner tajam dari James Rodríguez.

Dengan assist ini, James Rodríguez menjadi pemain Amerika Selatan pertama yang mencatatkan enam assist dalam satu turnamen besar sejak pencapaian Pelé bersama Brasil di Piala Dunia 1970.

Tugas Kolombia mempertahankan keunggulan semakin berat setelah bek Daniel Muñoz mendapatkan kartu kuning keduanya pada penghujung babak pertama. Kartu kuning tersebut berawal dari sikutan yang ia layangkan kepada Manuel Ugarte dari Uruguay.

Meski mendapatkan beberapa peluang emas melalui striker Liverpool Darwin Núñez dan pemain pengganti Luis Suárez yang sepakannya membentur tiang gawang, Uruguay gagal mencetak gol ke gawang Kolombia yang bermain dengan 10 pemain.

Kolombia sendiri sempat memiliki peluang emas melalui sepakan yang membentur mistar gawang di akhir pertandingan. Namun, satu gol Lerma sudah cukup untuk membawa Kolombia ke final Copa América untuk ketiga kalinya, yang pertama sejak 2001.

Sementara itu, Uruguay akan menghadapi Kanada dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga yang digelar sehari sebelumnya, Sabtu mendatang.




Komentar