nusabali

Pj Bupati Jendrika Hadiri Rakernas XVI Apkasi 2024

  • www.nusabali.com-pj-bupati-jendrika-hadiri-rakernas-xvi-apkasi-2024

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ruang Cendrawasih, JCC Senayan Jakarta, Rabu (10/7).

Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024. Rapat Kerja Nasional XVI Apkasi Tahun 2024 dengan tema ‘Sinergisitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju.” Rakernas dibuka Presiden RI Joko Widodo, dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, serta para bupati se-Indonesia.

Hadir mendampingi Pj Bupati Nyoman Jendrika, Sekda Klungkung Anak Agung Gde Lesmana, Kepala Bappeda Ketut Arie Gunawan, Kadis Pertanian IB Juanida, dan Kabag Pemerintahan dan Kesejahteraan Komang Widyasa Putra. Jendrika mengatakan, Rakernas Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo adalah agenda tahunan yang digelar Apkasi guna membahas isu-isu dan rencana strategis dalam pembangunan daerah, khususnya kabupaten. Apkasi beranggotakan 416 kabupaten se-Indonesia.

Apkasi Otonomi Expo ini menjadi ajang untuk memamerkan potensi daerah seperti kerajinan, kesenian, hingga budaya. Acara ini diharapkan dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di daerah. “Pada akhirnya akan meningkatkan PAD demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Jendrika. 

Selain itu, Apkasi juga menjadi media mengenalkan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan komoditi unggulan daerah untuk memperluas target pemasaran. Pameran selama tiga hari, mulai tanggal 10 sampai 12 Juli 2024 di Hall A dan B JCC. Diikuti oleh ratusan stan pemerintah kabupaten, kota, provinsi, kementerian, lembaga, BUMN, dan perusahaan swasta nasional. @ wan

Komentar