nusabali

Perajin Patung Klasik

  • www.nusabali.com-perajin-patung-klasik

DENPASAR, NusaBali - Desa Batubulan Kangin, Kecamatan Sukawati, Gianyar merupakan  salah satu sentra ukiran dan kerajinan patung kayu. Beragam jenis  patung kayu dihasilkan perajin ukiran dan kayu desa setempat.

Diantaranya patung klasik, yakni patung perwujudan dewa-dewi  yang bersumber dari  cerita Mahabhrata dan Ramayana, dan cerita klasik lainnya.

I Ketut Bangkit,57, adalah salah seorang diantara perajin patung kayu di Desa Batubulan Kangin.  “Sebagian besar pembeli adalah masyarakat lokal,” ujarnya  Selasa(9/7).

Selain fungsi dekoratif, patung juga berfungsi ritual, seperti digunakan sebagai pratima. Belakangan ini pesanan patung klasik, dikatakan Bangkit ada geliat. “Adalah sedikit orderan,” ujarnya.

Membaiknya kondisi pariwisata Bali diperkirakan berpengaruh terhadap makin bertambahnya pesanan patung klasik, seperti patung perwujudan dewa-dewi. 

“Astungkara, semoga semakin ramai,” ujar Bangkit sambil menunjuk patung-patung klasik karyanya.

Harganya bervariasi sesuai dengan besar kecil ukuran dan bahan yang digunakan. Ada yang Rp2,5 juta, Rp3,5 juta, Rp 5 juta dan seterusnya. “Selain pesanan, patung klasik juga dipasarkan di Pasar Seni Sukawati.  K17

Komentar