nusabali

Usai Recovery Operasi Paru, STY Balik Dua Minggu Lagi

  • www.nusabali.com-usai-recovery-operasi-paru-sty-balik-dua-minggu-lagi

JAKARTA, NusaBali - pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) masih melakukan pemulihan setelah menjalani operasi di Korea Selatan.

Demikian diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Kamis (11/7) di Jakarta. Ya, STY pulang kampung sejak 14 Juni 2024. Sehari berselang, STY naik meja bedah untuk menyembuhkan sakit pleuritis.

Pleuritis adalah peradangan dalam pleura atau selaput paru yang disebabkan infeksi bakteri, tuberkolosis, atau kondisi lainnya yang ditandai dengan rasa sakit di dada, terutama ketika menarik napas panjang atau batuk. STY dioperasi selama enam jam. Akibat penyakit itu, STY mengalami penurunan berat badan hingga 5kg.

"Coach Shin Tae-yong baru kembali ke Indonesia nanti. Beliau habis recovery dari operasi. Mungkin dua minggu lagi, beliau kembali ke Indonesia," ujar Erick Thohir.

Sebelumnya, asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sekaligus pelatih timnas U-16, Nova Arianto mengungkapkan, STY akan kembali ke Jakarta pada 21 Juli 2024.

Sekembalinya ke Indonesia kelak, STY meghadapi jadwal padat. Dia akan memimpin timnas Indonesia berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai September 2024. Indonesia di Grup C akan menghadapi Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Garuda bakal memulai perjuangannya dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menantang tuan rumah Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

"Saya mendorong persiapan lebih baik untuk persiapan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan tim-tim besar yaitu Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Jangan kasih kendur," ungkap Erick Thohir.7

Komentar