nusabali

Jalan Terusan Pura Rambut Siwi Dirancang Jadi Destinasi Wisata

  • www.nusabali.com-jalan-terusan-pura-rambut-siwi-dirancang-jadi-destinasi-wisata

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana tengah membangun infrastruktur jalan baru menuju kawasan suci Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana. Selain mempermudah akses ke beberapa pura yang ada di kaki tebing Pura Rambut Siwi, proyek jalan yang akan dikelilingi tebing-tebing alami itu juga dirancang menjadi destinasi wisata.

Inisiatif untuk melakukan transformasi area jalan setempat menjadi destinasi wisata itu, diharapakan bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah dan desa setempat. "Saya mencoba untuk membuat satu trobosan di Kabupaten Jembrana dengan nuansa religius. 

Kita sudah melihat bagaimana Pantai Pandawa dan Pantai Melasti dikelola dengan baik sehingga menjadi sumber pendapatan daerah dan desa,” ujar Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat melakukan pengecekan jalan terusan Pura Rambut Siwi, Jumat (12/7)

Bupati Tamba menambahkan, proyek yang didanai Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kabupaten Badung ini akan memudahkan akses menuju pura-pura suci di kawasan Pura Rambut Siwi. Pembangunan jalan ini juga memanfaatkan keindahan alam sekitar sebagai daya tarik wisata. "Kami ingin akses jalan ini tidak hanya untuk kepentingan keagamaan. Tetapi juga bisa menjadi destinasi wisata mengingat pemandangan yang ditawarkan sangat luar biasa," ujarnya 

Selain meninjau pembangunan jalan terusan Pura Rambut Siwi, pada hari yang sama Bupati Tamba juga sempat meninjau perbaikan jalan penghubung antara Desa Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo, menuju Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana. Perbaikan jalan penghubung Mendoyo Dangin Tukad-Yeh Kuning sepanjang 3,2 kilometer itu, didanai BKK Badung dengan anggaran Rp 3,4 miliar dan ditargetkan rampung dalam waktu dua bulan ke depan. 

Pada kesempatan itu, Bupati Tamba mengungkapkan prioritasnya untuk menuntaskan proyek-proyek infrastruktur di Jembrana. Dirinya pun meminta agar masyarakat ikut berperan dalam menjaga dan merawat infrastruktur dengan baik sehingga bisa bertahan lebih lama.7ode

Komentar