nusabali

Nistelrooy Resmi Asisten Erik ten Hag

Manchester United Rekrut Striker Belanda, dan Jual Greenwood

  • www.nusabali.com-nistelrooy-resmi-asisten-erik-ten-hag

LONDON, NusaBali - Manchester United (MU) resmi menunjuk mantan penyerangnya, Ruud van Nistelrooy sebagai salah satu asisten pelatih Erik ten Hag. Selain Nistelrooy, MU juga mengangkat Rene Hake dalam bagian perombakan staf pelatih Ten Hag.

Selain itu, MU juga menjadikan striker timnas Belanda Belanda Joshua Zirkzee sebagai rekrutan pertama dalam bursa transfer musim panas 2024. Jurnalis Italia Fabrizio Romano melaporkan MU telah sepakat dengan Zirkzee dari Bologna.

"Manchester United menunjuk Rene Hake dan Ruud van Nistelrooy sebagai asisten pelatih tim utama putra, di bawah Erik ten Hag hingga Juni 2026," tulis MU di situs resminya, Kamis atau Jumat (12/7) dinihari Wita.

Nistelrooy pernah membela MU di bawah pelatih Sir Alex Ferguson pada 2001-2006. Selama lima musim, eks penyerang Timnas Belanda itu tampil 219 kali dan mencetak 150 gol di semua kompetisi.

Ten Hag sendiri menyambut hangat kedatangan dua kompatriotnya tersebut. Dia menyebutkan, Nistelrooy dan Rene Hake akan menambah pengalaman, pengetahuan dan energi baru di jajaran staf kepelatihan.

Nistelrooy sebelumnya melatih PSV Eindhoven pada musim 2022/2023. Dia membawa PSV juara Piala Belanda dan finis peringkat dua di Eredivisie (Liga tertinggi Belanda). Sedangkan Hake pernah melatih Go Ahead Eagles pada 2022-2024 dan finis peringkat sembilan di Eredivisie musim lalu.

Sementara itu, jurnalis pakar transfer Fabrizio Romano melaporkan, MU mengunci transfer pertamanya di musim panas ini, dengan merekrut Joshua Zirkzee dari klub Italia, Bologna.

Menurut Romano, MU melakukan pendekatan menarik dalam transfer Zirkzee ini. Sang striker seharusnya ditebus di angka 40 juta Euro. MU dikabarkan membayar sedikit di atas harga tersebut.

Namun, MU diperbolehkan menyicil transfer ini dalam kurun waktu tiga tahun. Sehingga budget transfer MU di musim panas ini tidak terkuras banyak.

Romano juga melaporkan MU sendiri sudah mencapai kata sepakat lebih dulu dengan Zirkzee terkait kontranya. Dia dikabarkan dikontrak lima tahun hingga 2029, dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun. 

Transfer Zirkzee kemungkinan besar baru selesai pekan depan. Sebab Zirkzee baru saja menuntaskan tugas bersama Timnas Belanda di Euro 2024.

Lebih jauh seputar masa depan penyerang MU, Mason Greenwood, yang dipinjamkan ke Getafe Spanyo, kini telah kembali ke Old Trafford, Jumat. Namun Greenwood dilaporkan tak ikut berlatih karena rapat dengan para petinggi MU untuk membahas masa depannya.

Greenwodd dikabarkan dekat dengan pintu keluar MU dan bergabung klub Prancis, Olympique Marseille. Menurut Romano, Marseille jadi klub terdepan merekrut Greenwood.

Klub Ligue 1 itu dikabarkan mengajukan tawaran resmi untuk transfer Greenwood. Kedua klub mendiskusikan transfer itu, namun Marseille dikhabarkan tak bisa memenuhi tuntutan MU untuk mahar transfer Greenwood di angka 40 juta Euro. ant

Komentar