nusabali

Adi Wiryatama Bertemu Delegasi Provinsi Hainan

Jajaki Kerja Sama Berbagai di Bidang

  • www.nusabali.com-adi-wiryatama-bertemu-delegasi-provinsi-hainan

DENPASAR, NusaBali - Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, S.Sos., M.Si  menerima Wakil Ketua Komite Pendiri Kongres Provinsi Hainan Mr. Sun Dahai beserta Jajaran Delegasi Provinsi Hainan yang didampingi oleh Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar Mr. Zhang Zhisheng.

Dalam pertemuan di Ruang Kerja Ketua DPRD Provinsi Bali, Niti Mandala Denpasar, Jumat (12/07) siang, disepakati antara Indonesia dan China akan menjajaki kerja sama di berbagai bidang.

Sun Dahai menyampaikan tujuan kunjungan dalam rangka mempererat persahabatan tradisional yang semakin dalam antara China dan Indonesia. "Kami percaya bahwa pertukaran orang ke orang, kerja sama ekonomi dan perdagangan akan semakin memperkuat persahabatan jangka panjang kedua belah pihak," ujar Sun Dahai.

Saat ini Hainan sedang meningkatkan pengembangan pelabuhan perdagangan bebas dengan karakteristik China yang bertujuan untuk menjadi pintu gerbang utama bagi modal luar negeri dalam memasuki pasar China dan basis pusat bagi perusahaan China untuk memasuki pasar internasional.

Sun Dahai yang Wakil Ketua Komite Pendiri Kongres Provinsi Hainan menyampaikan pertemuan juga bertujuan untuk membahas perlindungan sumber daya alam, serta pengoperasian dan pengelolaan taman nasional. Melalui diskusi tersebut, kedua belah pihak dapat mendorong pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi dan perdagangan, pengawasan legislatif, perlindungan ekologi dan lingkungan, pertanian efisien tropis, pariwisata budaya, serta pendidikan dan pelatihan.

Sementara Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama mengapresiasi dan    bangga atas pertemuan kemarin. Politisi PDI Perjuangan Bali ini menyebutkan pertemuan ini merupakan kehormatan bagi masyarakat Bali.

Ketua Deperda DPD PDIP Bali ini menambahkan, atas kunjungan Wakil Ketua Komite Pendiri Kongres Provinsi Hainan yang jabatan tersebut setingkat Menteri ke Kantor DPRD Bali sangat penting untuk penjajakan kerja sama.

Untuk itu Adi Wiryatama menyampaikan serta mengharapkan ada kerja sama yang bagus khususnya di bidang pariwisata dan pendidikan termasuk pertukaran budaya, pelajar. "Dan, yang terpenting dari pariwisata adanya guru-guru bahasa Cina agar bisa mengajarkan siswa Indonesia khususnya Bali untuk bahasa Cina, termasuk saya Ketua DPRD pun ingin belajar bahasa Cina," tegas Bupati Tabanan dua periode ini.

Selain itu, Ketua DPRD Provins Bali dua periode ini mengharapkan adanya pertukaran pelajar, karena Provinsi Bali merupakan Pulau Pariwisata yang penduduknya hampir 70% bergelut di bidang pariwisata. 

Adi Wiryatama juga mengharapkan adanya pertemuan dan sharing dengan konjen Tiongkok di Denpasar seperti yang disampaikan Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar Mr. Zhang Zhisheng yang belum sempat bertemu dengan Ketua DPRD Bali karena baru bertugas di Bali selama tiga bulan.@nat

Komentar