nusabali

Tiga Universitas dan PWI Teken MoU dengan Bawaslu Bali

  • www.nusabali.com-tiga-universitas-dan-pwi-teken-mou-dengan-bawaslu-bali

SINGARAJA, NusaBali - TIga Universitas yakni Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Panji Sakti, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) serta perjanjian kerjasama (PKS) dengan Bawaslu Bali di Buleleng, Jumat (12/7).

MoU dan PKS yang ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna berkaitan dengan keterlibatan aktif untuk turut serta dalam program pengawasan partisipatif yang dimiliki oleh Bawaslu Bali dalam Pilkada Serentak 2024.

Tirta Suguna mengungkapkan bahwa sinergitas antara Bawaslu, Universitas, Media dan masyarakat menjadi kekuatan utama dalam mewujudkan Pilkada yang adil, demokratis, dan inklusif. "Dengan pengawasan yang ketat, partisipatif dan kolaboratif, tentu harapannya Pilkada kali ini dapat berjalan dengan lancar, bebas dari kecurangan dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mendelegasikan kehendak rakyat Bali," ujar Tirta Suguna melalui siaran pers Bawaslu Bali diterima NusaBali,Jumat.

Hal yang sama diungkapkan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bali Ketut Ariyani, bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari program pengawasan partisipatif. "Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkada tahun 2024," ujar Ketua Bawaslu Bali periode 2018-2023, ini.

Lanjut Ariyani, kerja sama dengan Perguruan Tinggi dan Media dinilai strategis dalam mencapai esensi dari program ini. "Perguruan Tinggi miliki Pemuda yang selalu diidentikkan dengan generasi perubahan, sedangkan media miliki jangkauan luas dalam persebaran informasi, dua elemen kuat ini kami yakin mampu memberikan imbas positif terhadap proses elektoral di Bali, terkhusus pengawasan proses Pilkada," ujar Ariyani dengan nada optimis. Nat,k23

Komentar