nusabali

Walikota Jaya Negara Ngaturang Bhakti Saraswati di Pura Jagatnatha

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-ngaturang-bhakti-saraswati-di-pura-jagatnatha

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan persembahyangan bersama serangkaian Hari Suci Saraswati di Pura Agung Jagatnatha Kota Denpasar pada Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (13/7).

Hal tersebut merupakan wujud sradha bhakti dalam memuja Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati atau Dewi Ilmu Pengetahuan.

Ratusan pamedek mengikuti persembahyangan yang dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara. Hadir juga Sekretaris Jendral Kementerian Pariwisata dan Ekraf RI, Ni Wayan Giri Adnyani, Forkopimda Kota Denpasar, Ketua PHDI Kota Denpasar I Made Arka, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. 

Usai melaksanakan persembahyangan, Walikota Jaya Negara mengatakan, Hari Suci Saraswati dimaknai sebagai turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia. Sehingga, pada saat Saraswati umat manusia memuja Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati yang identik disebut dengan Dewi Ilmu Pengetahuan, kesadaran (widya), dan sastra. 

Dikatakan Jaya Negara, Dewi Saraswati diyakini sebagai sakti dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta dalam mitologi Hindu. Hari Raya Saraswati menjadi hari yang penting bagi siswa sekolah dan penggelut dunia pendidikan, karena ilmu pengetahuan dianggap sebagai bekal dalam kehidupan manusia yang dapat menuntun ke arah kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan peningkatan keberadaban. 

Jaya Negara menegaskan, saat Saraswati umat Hindu melakukan persembahyangan dan persembahan kepada Dewi Saraswati di pura, sekolah, dan rumah masing-masing. Selain itu, Umat Hindu juga menghaturkan banten Saraswati untuk penyucian dan pemuliaan pustaka, lontar, kitab, dan buku-buku. “Kami menghaturkan terima kasih kepada masyarakat Kota Denpasar termasuk siswa-siswi dan mahasiswa yang sudah hadir pada perayaan Hari Suci Saraswati di Kota Denpasar. Perayaan ini digelar secara rutin, mudah-mudahan melalui persembahyangan ini semua umat diberikan pengetahuan dan kecerdasan dalam menjalankan swadharma masing-masing,” ujar Jaya Negara. 

Sementara, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Surya Antara mengatakan, bahwa rangkaian persembahyangan Hari Suci Saraswati di Kota Denpasar dipusatkan di Pura Agung Jagatnatha. Rangkaian persembahyangan dimulai pada pagi hingga malam hari. Sehingga seluruh pamedek dapat secara bergantian melaksanakan persembahyangan dengan tertib dan khusyuk. “Dan bagi pamedek yang hendak melaksanakan persembahyangan kami imbau untuk tidak membawa plastik sekali pakai dan tetap menjaga kebersihan pura untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Hari Suci Saraswati di Kota Denpasar,” ujarnya.@mis

Komentar