nusabali

Desak Rita Tumpuan Indonesia Raih Medali Emas Olimpiade

  • www.nusabali.com-desak-rita-tumpuan-indonesia-raih-medali-emas-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Desak Made Rita Kusuma Dewi menjadi tumpuan Kontingen Indonesia meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris. Apalagi ini jadi olimpiade pertama Desak Rita. Target meraih medali dan bahkan meraih emas, bukanlah target muluk-muluk.

Pasalnya, keberhasilan Desak Rita lolos ke Olimpiade 2024 Paris setelah menjadi juara di kejuaraan dunia panjat tebing di Swiss, pada 2023. Kini dia pun siap mewujudkan impiannya mengumandangkan Indonesia Raya di Paris. Karena tekad itu, Desak Rita akan mengesampingkan sejenak rekor dunia yang diraihnya. Bagi, lebih baik meraih medali emas olimpiade daripada memecahkan rekornya sendiri. 

"Yang pastinya saya ingin bisa mengumandangkan Indonesia Raya di Olimpiade Paris. Untuk rekor belakangan yang penting medali emas dulu untuk Indonesia, Astungkara," kata Desak Rita. Desak Rota mengaku tidak mau lengah meskipun saat ini menjadi salah satu pemanjat tebing putri terbaik di dunia. Dia menganggap, kualitas pemanjat tebing dari negara lain harus diwaspadai. Menurutnya, negara yang lolos mempunyai kapasitas atlet masing-masing.

“Mereka pasti juga berusaha untuk tidak lengah dan fokus pada diri sendiri di olimpiade nanti," beber Desak Rita. Desak Rita pun mengakui sudah mempersiapkan segala Hal semaksimal mungkin. Termasuk mental bertandingnya. Menurutnya, semua sudah dipersiapkan dengan baik. 

“Termasuk menjaga kesehatan dan memaksimalkan waktu yang tersisa untuk berlatih dengan baik, serta menenangkan hati dan pikiran," kata atlet Buleleng itu. Jika rata-rata manusia makan tiga kali sehari, Desak Rita bisa berlatih empat kali Sehari. Dalam seminggu, hanya ada dua kali waktu libur yaitu Rabu dan Minggu.

"Kadang-kadang latihan 2-4 kali Sehari dengan dua kali waktu libur dalam seminggu. Kebetulan, fasilitas yang diberikan sangat nyaman termasuk tempat istirahat serta gizi yang tercukupi dengan baik," beber Desak Rita.

Sementara secara terpisah, Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengaku bangga dengan prestasi Desak Rita dan Rio Waida. Setidaknya, atlet asal Bali tetap berkontribusi nyata bagi olahraga Indonesia dan lolos ke olimpiade. Dia yakin Desak Rita dan Rio Waida mampu menyumbang medali untuk Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. 

"Ini membanggakan karena ada dua atlet Bali yang mewakili Indonesia di Olimpiade," kata Oka Darmawan. *

Komentar